Power bank Bisa Bikin Hp Rusak? Inilah Cara Memilih Power Bank Agar Hp Tidak Rusak

Cara Memilih Power Bank – Power Bank merupakan sebuah alat pengisi daya pada smartphone (Charger Portable) yang mudah dibawa. Power bank biasa juga dikenal sebagai backup battery atau Charger Portable yang berfungsi untuk mengisi daya pada baterai smartphone.

Dengan alat ini, kalian tidak perlu resah jika kehabisan baterai saat dalam perjalanan jauh, sehingga kalian lebih bebas dalam menggunakan hp untuk browsing, cek email, chatting, main game, baca majalah, serta melakukan aktifitas lainnya tanpa takut kehabisan baterai.

cara-memilih-powe-bank

Saking banyaknya merek powerbank yang beredar dipasaran, membuat kalian bingung hingga salah membeli power bank atau Power bank  seperti palsu Xiaomi. Pasalnya memang hanya sedikit merek power bank yang memberikan hasil dengan kualitas terpercaya dan dampak yang tidak terlalu besar untuk ponsel kalian.

Berikut ini adalah Cara Memilih Power bank

1. Jangan Tergiur dengan kapasitas yang besar dan harga murah

Cara memilih power bank yang pertama, tidak semua power bank yang beredar dipasaran memiliki kualitas yang baik atau memenuhi standar, serta banyak yang dibuat dengan baterai 2end (baterai bekas) dan daya yang besar. Ini semua dilakukan agar bisa mengambil ke untungan yang banyak.

Pilihlah power bank yang sudah memiliki nama dimata dunia serta memiliki garansi resmi minimal 1thn, serta pilihlah kapasitas yang sesuai dengan baterai hp kalian. Misalnya kalian membutuhkan daya tambahan 2000mah dalam sehari, pilihlah power bank dengan kapasitas 2600mAh.

cara-memilih-power-bank

2. Jangan Gunakan Konektor Powerbank Yang Bukan Original

Ini merupakan hal yang penting, namun sering kali diabaikan oleh para pengguna power bank. Banyaknya berbagai macam konektor yang ditawarkan oleh power bank tapi tidak disertai dengan standar kualitas yang baik, akan membuat arus pendek dan membahayakan Smartphone kesayangan kalian.

Gunakan kabel konektor original bawaan hp saat pertama kali membelinya, karena lebih terpercaya kualitasnya dengan arus yang disalurkan lebih stabil, sehingga rasa aman terhadap smartphone lebih besar.

3. Tidak Memperhatikan Output

Hal ini sering diabaikan oleh para pengguna power bank, biasanya para pengguna langsung membeli sebuah power bank karena tergiur dengan harga yang murah dan daya yang besar. Akan tetapi kurang teliti dalam hal outputnya. Power bank yang arus outputnya tidak real, sehingga charging handphone menjadi lama.

Pilihlah power bank yg menjanjikan output yang real, sehingga proses charging lebih cepat dan optimal.

cara-memilih-power-bank

4. Tidak Memperhitungkan Cell Baterai Pada Powerbank

Banyak diantara kita yang lalai memilih powerbank dipinggir jalan berdasarkan harga yang murah dan merek yang sudah pasaran, tanpa memperhitungkan inti Cell yang ada didalamnya. Belum tentu powerbank yang kita beli itu memang asli ting – ting.

Cell baterai dalam powerbank sangat menentukan umur dari power bank itu sendiri, maka pilihlah JAPAN CELL. JAPAN CELL terkenal dengan kualitas yg terjamin, jika ingin maksimal pilihlah SANYO dan ingat jangan main asal membeli didinggiran jalan.

5. Jangan Memilih Powerbank Dari Banyaknya Konektor

Ini merupak hal yang fatal, pasti kalian tergiur juga dengan banyaknya konektor pada sebuah powerbank, karena dapat me-ngecas (charger) lebih dari satu kan? atau malah membeli powerbank hanya mempertimbangkan banyak/ lengkap tidaknya konektor yang diberikan oleh merek itu.

Kita harus curiga terhadap merek yang menyediakan banyak konektor didalam kemasannya, karena tidak semua power bank dapat di charge menggunakan konektor original bawaan hp. Ada baiknya tanyakan dahulu kepada sales penjual “apakah power bank tersebut support untuk charging menggunakan kabel data original Hp.

cara-memilih-power-bank

6. Perhatikan Fitur ini Didalam Membeli Powerbank

Cara memilih power bank agar tidak merusak smartphone selanjutnya adalah:

  • Temperature protection: fitur ini akan mendeteksi adanya panas yang berlebih pada saat pengisian batre.
  • Short circuit protection: Berguna untuk melindungi handphone kalian jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik power bank maupun handphone kalian terhindar dari kerusakan, maka dari itu kita sarankan untuk menggunakan kabel data bawaan/ original gadget/ handphone.
  • Over charging protection: melindungi ponsel kalian dari kerusakan apabila handphone di charge terlalu lama, misal di charge semalaman ditinggal tidur. Fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika batre Hp sudah terisi penuh.

7. Pilihlah Powerbank yang Sudah Memiliki UL Certification

UL serification adalah sebuah pengujian untuk prodak powerbank agar memiliki standar aman dalam penggunaanya dan tidak menrugikan pengguna dalam fisik dan kerusakan properti, serta membantu melindungi produsen dari risiko penarikan mahal dan reputasi rusak.

dampak-penggunaan-power-bank
Baca juga:
Dampak Penggunaan Powerbank Pada Smartphone