Membuat Watermark di Word 2013 Dengan Mudah

Watermark merupakan teks atau gambar yang muncul pada bagian latar dokumen. Tujuan dibuat watermark adalah untuk menambah daya tarik sekaligus memberikan identitas pada dokumen agar tidak mudah dijiplak oleh orang lain. Cara membuat watermark di word 2013 tidaklah sulit. Langkahnya hampir sama dengan word-word sebelumnya.

Jenis Watermark

Pembuatan watermark dibedakan menjadi dua jenis yakni watermark gambar dan watermark teks. Penggunaan watermark gambar cenderung untuk pemberian logo atau identitas penulis terhadap dokumennya. Adapun untuk watermark teks biasanya digunakan sebagai draf dokumen dan larangan keras melakukan copy paste.

Membuat Watermark di Word 2013 - Tips

Langkah Membuat Watermark Di Word 2013 Dengan Mudah

Watermark selain berfungsi untuk memberikan identitas draf juga berfungsi menambah keindahan dokumen. Untuk membuat watermark gambar kamu dapat membuka word dan klik tab design. Kemudian klik watermark, klik custom watermark. Selanjutnya klik picture watermark. Kamu bebas memilih gambar melalui menu select picture.

Setelah muncul jendela insert picture, kamu pilih gambar melalui menu from a file. Setelah mendapatkan gambar yang diinginkan, klik insert dan kembali ke box printed watermark. Pilih atau atur skala yang diinginkan dengan cara memilih skala gambar. Selanjutnya klik apply atau ok untuk melihat watermark pada word 2013 kamu.

Adapun cara membuat watermark berbentuk teks pada word 2013, antara lain klik tab design, klik watermark kemudian pilih custom watermark. Klik text watermark pada printed watermark . Untuk memilih jenis tulisan, kamu dapat menentukan di kotak text. Kamu bisa menulis teks sendiri dengan cara menghapus text yang sudah ada seperti halnya menulis pada WordArt.

Untuk mengukur gaya huruf, ketebalan, ukuran font caranya sama dengan menulis word pada umumnya. Namun, jika menginginkan tulisan samar maka kamu dapat klik checklist pada kotak transparent. Peletakan posisi watermark dapat kamu tentukan baik secara horizontal maupun diagonal melalui kotak layout. Selanjutnya untuk menampilkan watermark yang telah dibuat klik apply atau ok.

Itulah cara membuat watermark di word 2013. Jika tampilan kurang indah, kamu juga dapat memperbaruinya dengan cara mengubah atau menghapus watermark yang telah jadi.

Baca juga artikel tips komputer lainnya.