Teknobos
Tech in Touch

Cara Membuat Hotspot di Laptop Dengan Mudah

Teknobos.com – Tips Komputer – Tips Internet – cara membuat hotspot di laptop

Tahukah kamu bahwa cara membuat hotspot di laptop sangatlah mudah? Jika kamu biasanya hanya bisa melakukan hotspot antar ponsel atau ponsel dengan laptop, kini kamu bisa melakukannya melalui laptop kamu.

Dengan cara ini, kamu pasti bisa dapatkan koneksi internet yang berasal dari laptop, khususnya yang berbasis Windows.

Menghidupkan hotspot pada laptop tidak hanya mudah, namun juga gratis. Untuk menjalankannya, kamu bisa menggunakan program bawaan dari Windows atau menggunakan aplikasi.

Mudahnya Cara Membuat Hotspot di Laptop

Berikut ini penjelasan mengenai cara lengkapnya.

Membuat Hotspot di Laptop Tanpa Aplikasi

Jika kamu pengguna Windows 10, kamu bisa menyetel hotspot pada laptop kamu dengan cara berikut ini.

Pilih menu Setting, kemudian pilih Network&Internet dan pilih Mobile Hotspot. Setelah itu, ubah menu menjadi on dengan mengeklik pada toggle atau tombol switch yang tertera.

Setelah berhasil on, kamu dipersilahkan untuk mengubah nama Wifi beserta passwordnya. Dengan password, orang-orang di sekitar kamu tidak bisa menggunakan Wifi yang kamu pancarkan.

Jangan lupa klik menu Save setelah memasukkan semua data. Untuk mematikannya, kamu tinggal mengubah menu on menjadi off.

Membuat Hotspot di Laptop Dengan Aplikasi

Cara membuat hotspot di laptop lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi.

Jika kamu memilih untuk menggunakan pihak ketiga, maka kamu bisa memilih cara ini. Salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menghidupkan hortspot pada laptop adalah mHotspot.

cara membuat hotspot di laptop

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan menginstalnya. Jangan lupa untuk menghilangkan centang pada menu-menu yang amu jumpai ketika akan menginstal.

Setelah selesai menginstal, kamu bisa menjalankan aplikasinya. Atur hotspot dengan memasukkan nama dan password. Isi semua data jika kamu merasa perlu.

Setelah semua data yang kamu masukkan benar, kmau bisa mengaktifkan hotspot dengan klik menu Start Hotspot.

Jika berhasil, maka kamu akan menjumpai tampilan yang menunjukkan bahwa hotspot kamu sekarang on. Artinya, kamu bisa menggunakan internet dari laptop kamu sendiri.

Dua cara diatas bisa menjadi acuan kamu untuk membuat koneksi hotspot di laptop kamu. Kamu bisa memilih untuk menggunakan pihak ketiga atau murni berasal dari laptop kamu.

Jika versi Windows kamu lebih rendah, cara membuat hotspot di laptop kamu hanyalah dengan memanfaatkan menu Ad hoc.

Baca juga cara screenshot di laptop.