Cara Membuat File PDF Dari Word 2010

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, segala bentuk kemajuan teknologi telah mencakup, hampir semua kebutuhan manusia. Tidak terkecuali pada dokumen-dokumen berbentuk kertas, saat ini berubah menjadi dokumen berbasis elektronik. Saat ini banyak buku yang diproduksi secara elektronik dalam format PDF, untuk itulah kali ini kita akan membahas cara membuat file PDF dari Word.

Sekarang banyak bisa kita temukan buku, majalah, dan bahkan surat kabar dalam bentuk elektronik. Kemajuan teknologi ini tentu sangat baik, karena dokumen yang produksi secara elektronik, tidak menggunakan kertas. Sebab semakin banyak pemakaian kertas, maka akan semakin berdampak buruk bagi lingkungan.

Kertas sendiri dibuat dengan bahan dasar kayu yang berasal dari pohon. Jika produksi kertas semakin banyak, itu berarti semakin banyak pohon yang ditebang. Untuk itu cara membuat file PDF dari Word akan sangat berguna bagi kita, karena dapat mengurangi penggunaan kertas.

Cara Membuat File PDF Dari Word 2010

Cara Membuat File PDF Dari Ms Word 2010

Saat ini banyak bisa kita temukan buku dalam format PDF, atau yang biasa disebut dengan E-book. Selain lebih ramah lingkungan, E-book juga lebih mudah untuk diakses, karena kita tidak perlu membawa-bawa buku yang tebal. Selain itu, E-book juga bisa kita buka dari berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, smartphone ataupun tablet.

Sebenarnya pada Ms Word 2010  terdapat fitur yang memungkinkan kita untuk membuat file PDF dari Word. Berbeda dengan Ms Word 2007 ke bawah, yang belum menyediakan cara membuat file PDF dari word. Sehingga bagi pengguna Ms Word 2007 ke bawah, harus menggunakan software tambahan untuk membuat file PDF.

Agar lebih jelas, mari kita langsung praktikan cara membuat file PDF dari Word 2010.

  1. Buka file *doc yang ingin dirubah ke dalam format PDF pada Ms Word 2010.
  2. Bila file tersebut sudah terbuka, kita bisa klik menu File yang ada di pojok kiri atas lembar kerja.
  3. Nantinya kita akan disuguhkan beberapa opsi seperti Save, Save As, Open, Close, New dan Print.
  4. Untuk membuat file PDF dari Word, kita bisa pilih opsi Save As.
  5. Pada jendela penyimpanan dokumen, kita akan disuguhkan beberapa pengaturan penyimpanan.
  6. Bila tidak ingin memberikan pengaturan lain pada file tersebut, dan kita telah menentukan lokasi pemyimpanan, maka kita bisa langsung klik tombol Save.

Itulah cara membuat file PDF dari Word 2010, cukup mudah bukan caranya? Jadi dengan fitur Ms. Word 2010 tersebut, kita bisa membuat E-book sendiri dengan sangat mudah, dan dapat merubah file Word jadi PDF.

Selain tips cara membuat file PDF dari Word di atas, ada juga tips cara mengunci file Word dengan password. Sehingga dokumen pada komputer kita lebih aman, dan terhindar dari tangan iseng orang-orang yang jahil.