Cara Membuat Blog Di Blogger (Blogspot) UntukPemula

Cara membuat blog di Blogger sebenarnya cukup mudah, selama kita memiliki akun Google, pastinya kita bisa membuat blog. Namun yang sulit adalah, bagaimana cara membuat blog itu bisa menghasilkan uang untuk kita. Bagi para Blogger profesional mungkin cukup mudah untuk menghasilkan uang dari blog, tapi untuk pemula tentu akan lebih sulit.

Kegiatan blogging memang saat ini cukup banyak diminati masyarakat, karena semakin banyaknya pengguna internet belakangan ini. Selain bisa menjadi media menyalurkan hobi, bagi kita yang gemar menulis, melalui kegiatan blogging kita juga bisa menghasilkan uang dari blog.

Google sendiri sudah menyediakan sebuah situs, yang bisa kita manfaatkan untuk membuat blog sendiri. Awalnya mereka menamai situs itu dengan nama Blogspot, tapi saat ini lebih dikenal dengan nama Blogger. Pada situs tersebut, kita bisa membuat blog secara gratis, hanya saja kita harus tetap membawa domain dari Blogspot itu sendiri.

Sebagai contoh bila kita membuat blog dengan nama awal “musik”, maka URL yang disarankan adalah “musik.blogspot.com”. Tapi kita bisa membeli domain khusus, agar kita tidak perlu membawa domain Blogspot lagi pada blog milik kita.

Menentukan niche atau topik dalam membuat blog

halaman-blog-cara-membuat-blog-di-blogger

Mungkin masih banyak pemula yang bertanya-tanya, apa itu blog? Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Sebelum membahas cara membuat blog di Blogger, ada baiknya kita menjawab pertanyaan tadi terlebih dahulu. Web Log disingkat Blog, adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan ataupun gambar yang dimuat dalam sebuah posting, pada sebuah halaman website.

Sementara untuk bisa menghasilkan uang dari blogspot, kita harus mendaftarkan situs blog milik kita ke Google Adsense. Dengan begitu pihak Google akan menyematkan beberapa iklan pada halaman blog kita, ataupun di dalam konten artikel yang kita tulis.

Membuat blog gratis dan bisa menghasilkan uang sebenarnya cukup mudah, selama kita sabar dan tekun dalam mengurus blog kita. Yang tidak kalah penting adalah, kita harus menentukan niche atau topik yang akan kita bahas pada blog kita. Agar topik konten pada blog milik kita tidak campur aduk dengan topik lainnya, karena Google tidak menyukai blog yang berantakan.

Sebagai contoh, bila kamu tertarik dengan tema musik, kamu harus membuat konten yang sesuai dengan tema tersebut. Jangan sampai kamu memilih niche musik untuk blog kamu, tapi konten yang kamu buat adalah seputar otomotif. Hal ini tentu akan membuat blog kita tidak jelas arah dan tujuannya, dan Google akan menyingkirkan situs blog semacam ini.

Cara Membuat Blog Di Blogger Dengan Mudah

Bagi pemula yang masih baru belajar ngeblog, bisa membuat blog pada Blogger terlebih dahulu. Karena Google sudah menyediakan berbagai macam tools serta fitur, yang bisa memudahkan kita dalam mengelola sebuah blog. Berikut langkah dan cara membuat blog di Blogger:

1. Buka blogger.com

blogger-cara-membuat-blog-di-blogger

Langkah pertama untuk membuat blog di Blogspot, kita harus masuk ke halaman Blogger.com terlebih dahulu.

2. Masuk ke akun Google kita

masukan-akun-google--cara-membuat-blog-di-blogger

Setelah kita berada di halaman depan Blogger, kita bisa tekan tombol Create Your Blog.

3. Tentukan judul blog dan alamat URL

buat-nama-blog-cara-membuat-blog-di-blogger

Pada sesi ini kita harus lebih kreatif dalam menentukan judul dan URL, karena sudah sangat banyak alamat blog yang dibuat dengan Blogspot. Jadi kita harus menentukan nama yang agak panjang dan unik. Atau kita bisa menggunakan nama lengkap kita sebagai judul dan URL blog.

4. Menyesuaikan tampilan blog

tema-cara-membuat-blog-di-blogger

Jika alamat URL dan judul blog sudah dibuat, maka kita sudah resmi memilki sebuah blog. Langkah selanjutnya kita harus menyesuaikan tampilan dari blog kita, dengan cara menentukan tamplate yang kita inginkan pada opsi tema disebelah kiri. Beberapa hari lalu, Google sudah meluncurkan tema baru untuk Blogspot, yang bisa membuat blog kita jdai semakin bagus.

Kita juga bisa membuat format CSS sendiri untuk membuat tampilan blog jadi sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi bila kita tidak begitu paham tentang CSS, tidak masalah. Karena semua tamplate yang Google sediakan juga sudah memiliki tampilan yang cukup bagus.

5. Buat sebuah konten untuk diposting

membuat-konten-cara-membuat-blog-di-blogger

Apabila tema blog dan tampilannya sudah kita sesuaikan, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah konten. Kita bisa menuliskan berbagai macam tulisan, yang sesuai dengan niche atau topik dari blog kita. Usahakan agar setiap pembahasan tidak keluar dari topik, agar tidak membuat pengunjung binggung saat membacanya.

Membuat konten pada blog juga tidak sembarangan, ada tata cara yang harus kita ikuti. Hal ini terkait dengan kata kunci yang terdapat pada konten artikel, tata bahasa, dan juga pengetikan. Sehingga konten artikel yang kita buat, mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung blog kita.

Itulah langkah dan cara membuat blog di Blogger untuk pemula. Meskipun membuat blog sangat mudah, tapi tidak demikian untuk menghidupkan blog tersebut. Karena bila konten yang kita miliki sudah banyak, tapi jumlah pengunjungnya minim, maka percuma saja.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog yang kita miliki, sebenarnya kita bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Karena para pemilik situs besar, juga banyak yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan situs atau blog miliknya.