Cara Membuat Adaptor TV Tuner Sendiri Dengan Charger Hp

Telah banyak beredar berbagai macam merk dari tv tuner yang di tawarkan oleh toko-toko elektronik di sekitar kalian, banyak juga dari merk-merk ini yang memberikan garansi yang memuaskan. Namun apa kalian tau? kebanyakan merk tv portable tidak menyediakan garansi untuk adaptor yang rusak, dan kalian terpaksa harus membeli baru adaptor tv yang sangat fleksibel ini.

TV Tuner

Tv Tuner adalah sebuah alat elektronik (perangkat keras) yang berfungsi sebagai media menonton tv pada monitor komputer, atau dengan kata lain tv tuner merupakan sebuah alat rancangang sebagai perantara yang tersambung dengan komputer supaya komputer dapat mencari channel tv secara otomatis dan dapat menonton tv.

membuat-adaptor-tv-tuner

Sesuai dengan perkembangan jaman yang mulai maju, kini tv portable mengalami perubahan bentuk yang sangat pesat. Apabila dahulu mesin penampil siaran tv ke laptop atau komputer ini berbentuk kotak dan terbilang lumayan besar, sekarang tv tuner hadir dengan bentuk usb yang sangat mungil serta dapat dipindahkan dan dapat dibawa-bawa.

tips-membuat-adaptor-tv-tuner

Walaupun kini dalam bentuk yang berbeda, fungsi tv tuner tetaplah sama yaitu untuk menonton tv pada komputer. Bedanya tv tuner kotak memerlukan layar komputer, antena dan adaptor demi tersambung, sedangkan tv tuner usb hanya memerlukan cpu untuk tersambung, serta sangat cocok digunakan untuk laptop maupun komputer.

Tips Cara Membuat Adaptor TV Tuner Sendiri

Masuk dalam pembahasan tips cara membuat adaptor tv tuner sendiri dengan charger handphone, Inilah tahap-tahap yang perlu diperhatikan.

Alat-alat yang digunakan

  1. Gunting/Kater
  2. Kabel charger (yang tidak ada kabel data dan masih berfungsi)
  3. Korek/Lilin
  4. Solasi listrik
  5. Charger handphone (kepala charger yang masih berfungsi dengan kapasitas 5 volt tidak lebih)
  6. Potongan bekas kabel ujung adaptor untuk mencolokan ke port adaptor dan bukan yang untuk mencolokan ke listrik (jika tidak ada bisa membeli di toko elektronik).

Perakitan membuat adaptor tv tuner

1. Potonglah kabel charger handphone dengan gunting sesuai kebutuhan kalian.

tips-membuat-adaptor-tv-tuner

2. Potonglah kabel bekas ujung adaptor tv tuner yang untuk mencolokan ke tv tuner dan bukan yang untuk mencolokan ke listrik.

cara-membuat-adaptor-tv-tuner

3. Setelah kalian potong, lalu kuliti bagian pelindung kabel (ingat jangan sampai memotong kabel kecil yang berjumlah dua).

membuat-adaptor-tv-tuner
membuat-adaptor-tv-tuner

4. Setelah kabel kecil terlihat, lalu panaskan dengan korek/lilin satu persatu dan tarik tembaga agar terbuka dari bagian pelindung kabel.

tips-adaptor-tv-tuner

5. Tahap yang ke lima adalah dengan membuka kulit kabel ujung tv tuner seperti langkah nomer 3 dan 4.

adaptor-tv-tuner

6. Setelah tahap 3 4 dan 5 selesai, sekarang sambungkan tembaga yang telah kalian panaskan tadi ke kabel charger dengan hati-hati (pastikan kalian benar dalam menyambungkan kabel positive dan negative).

tips-adaptor-tv-tuner

7. Jika sudah, kalian hanya tinggal mengisolasi bagian yang telah disambung tadi agar tidak menyetrum.

membuat-adaptor-tv-tuner

8. Tahap yang terakhir adalah dengan mencobanya dan melihat hasilnya.

adaptor-tv-tuner

Semoga tips cara membuat adaptor sendiri dengan charger handphone bermanfaat, semakin tinggi kapasitas Ampere maka akan semakin baik pula hasilnya, dan jangan pernah merubah Volt yang telah di patenkan.

Merubah kapasitas volt dapat mengakibatkan arus listrik yang masuk tidak stabil serta mengakibatkan korsleting.