Cara Membersihkan RAM Laptop Dengan Mudah

6,951

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kamu perlu menambah informasi mengenai cara membersihkan RAM laptop yang nantinya akan menguntungkan kamu dari berbagai segi. Membersihkan RAM pada laptop sangat penting untuk mendukung performa laptop. Apakah kamu sering mengalami laptop lemot dan sering error? Jika iya, mungkin itu salah satu akibat dari RAM yang mulai dipenuhi oleh sampah digital.

Biasanya, orang akan mengganti RAM jika masalah-masalah seperti di atas sering terjadi. Langkah ini sebenarnya tidak tepat karena RAM bisa terlebih dahulu dibersihkan agar kembali optimal. Lambatnya kerja laptop juga bukan berarti bahwa RAM rusak dan harus diganti. Jadi, ada baiknya kamu membersihkan RAM terlebih dahulu jika kamu menemui masalah pada laptop.

Di bawah ini akan dijelaskan cara-cara membersihkan RAM yang bisa kamu ikuti. Beruntungnya, kamu tidak perlu software apapun untuk membersihkannya. Tentu cara ini sangat mudah.

Cara Membersihkan RAM laptop - Tips

Membersihkan RAM

Cara membersihkan tidak perlu menggunakan software karena bisa melalui menu yang telah disediakan oleh Windows, dengan catatan kamu memakai Windows.

Untuk memulai cara membersihkan RAM laptop, kamu perlu mengetahui disk lokasi hardware kamu. Pada umumnya, hard disk C adalah lokasi yang sering digunakan untuk menyimpan hard disk. Buka menu File dan klik kanan pada disk C.

Setelah klik kanan, pilih menu Properties yang biasanya berada barisan paling bawah. Klik menu Disk Cleanup untuk membersihkan RAM. Kamu nantinya akan melihat ada dialogue box yang menunjukkan daftar files yang akan kamu hapus. Centang semuanya dan lanjutkan dengan klik menu Clean up system files. Setelah itu, klik Delete files dan proses penghapusan akan berjalan otomatis.

Tunggu saja hingga proses penghapusan selesai. Biasanya memakan waktu beberapa menit tergantung banyaknya file sampah yang berada pada RAM kamu. Jika laptop kamu lemot, itu tandanya banyak file sampah sehingga proses penghapusan ini akan memakan waktu lebih lama.

Jika sudah berhasil, mungkin kamu akan bisa langsung merasakan performa laptop kamu yang lebih ringan untuk digunakan. Jika kamu menemukan masalah yang sama lagi, kamu tinggal ulangi cara membersihkan RAM laptop diatas.

Baca juga tips komputer lainnya.