Cara Mematikan Autorun Windows 7 Dengan Mudah

802

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Cara mematikan autorun windows 7 tampaknya adalah salah satu metode yang ampuh untuk melakukan tindakan pencegahan agar laptop atau PC kamu terhindar dari virus berbahaya. Bagi kamu yang belum tahu keterkaitan antara autorun dan virus, berikut ini adalah penjelasannya.

Biasanya saat kamu memasukkan device yang isinya data, misalnya usb flashdisk, nanti akan muncul dialog box yang berisi beberapa pilihan untuk langsung membuka file. Diantaranya adalah windows media player, windows explorer, image viewer dan lain sebagainya.

Mungkin bagi yang belum mengetahuinya, ini adalah hal yang menguntungkan dan memudahkan karena kamu tidak harus membuka my computer. Tapi tahukah kamu? Ternyata autorun ini dapat menjadi media penyebaran virus. Imbasnya computer atau laptopmu akan terjangkit virus dan data yang ada di dalamnya juga ikut terancam.

Bagaimana cara mematikan autorun windows 7?

cara mematikan autorun windows 7 - Tips

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, cara terbaiknya adalah dengan mematikan autorun. Langkahnya sangat mudah dan kamu bisa melakukannya dengan metode berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah dengan cara menjalankan run.
  2. Ketikkan kata run pada kotak pencarian yang berada di start menu. Untuk cara cepatnya kamu bisa menggunakan shortcut windows + R.
  3. Berikutnya kamu ketikkan “gpedit.msc” melalui langkah ini maka akan terbuka jendela baru untuk langkah lanjutannya.
  4. Klik pilihan Computer Configuration
  5. Setelah itu kamu pilih sub menu Administrative Templates > windows components > Autoplay policies secara berurutan
  6. Lakukan klik kanan pada bagian Turn off Autoplay.
  7. Pilihlah menu Edit, kemudian centang Enable dan tekan tombol OK.
  8. Sekarang autorun di windows 7 kamu sudah tidak aktif lagi
  9. Selesai

Yang harus kamu ketahui, untuk dapat melakukannya kamu harus memiliki hak akses penuh sebagai administrator. Bila kamu hanya user yang memiliki hak akses terbatas, kamu akan kesulitan saat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur autorun yang berada di windows 7.

Baca juga tips komputer lainnya.

Ternyata cara mematikan autorun windows 7 bukanlah hal yang sulit dan membingungkan. Dan melalui informasi diatas kamu sekarang sudah memahami kalau autorun ternyata memiliki dampak buruk bagi PC atau laptopmu walaupun terkesan membantu dengan menghemat waktu lewat jalan pintas. Sebagai tindakan pencegahan lebih baik kamu menonaktifkan fitur autorun tersebut, selamat mencoba dan semoga berhasil.