Cara Melindungi Akun Instagram Dengan Fitur Two-factor authentication!

Pengamanan tidak hanya dilakukan untuk sebuah aset dan data informasi manusia, pada dunia sosial media pengamanan menjadi hal wajib dan sangat penting. Dibukttikan oleh Instagram, fitur keamanan melindungi akun Instagram.

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui fitur Two-factor authentication dan bagai mana cara menggunakan fitur keamanan Instagram ini. Nah tenang saja, disini kami akan bahas semuanya secara mendalam.

lindungi-akun-instagram
source: dagelan

Fitur Instagram Two-factor authentication

Instagram menjadi salah satu platform mapan yang turut menyediakan fitur Two-factor authentication, yakni metode untuk mengakses suatu akun melalui dua mekanisme yang berbeda.

Two-factor authentication merupakan metode yang diklaim ampuh menghalau hacker, ini memfasilitasi pengguna Instagram dengan ‘gembok’ tambahan, selain kata sandi yang biasa digunakan untuk login, yaitu dengan memanfaatkan nomor telephone Anda.

akun-instagram
source: czechcrunch

Setiap ada orang yang mencoba untuk mengakses masuk akun instagram anda dengan menggunakan email atau username dan password yang sudah benar, makan instagram akan mengirimkan kode otentifikasi yang harus dimasukan melalui no ponsel yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Two-factor authentication pada akun media sosial yang telah diluncurkan sejak Oktober 2010

Ini akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk meretas akun instagram anda, tidak hanya sekedar mengetahui username dan password. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur keamanan instagram ini? Berikut adalah cara untuk menggunakan two-factor authentication.

Cara Melindungi Akun Instagram

Cara melindungi akun instagram ini tidak tergolong sulit, dengan kata lain termasuk kategori yang mudah di implementasikan. Simak langkah-langkah melindungi Instagram anda:

  • Pertama-tama, pastikan aplikasi Instagram di gawai Anda sudah berada di versi terbaru. Sebagai patokan, kami menggunakan aplikasi Instagram di Android versi 10.16.0. Kemudian buka profil anda.
cara-mengamankan-akun-instagram
source: teknobos
  • Jika sudah, pilih dan buka Settings dengan menyentuh ikon tiga titik di bagian sudut kanan atas.
  • Lihat di panel Settings ini, cari dan sentuhlah pengaturan ‘Two-factor authentication’. Opsi ini ada di bawah bagian ‘Account’. Lalu, aktifkan toggle ‘Require Security Code’.
tips-amankan-akun-instagram
source: teknobos
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel Anda supaya bisa menggunakan fitur ini. Pilih ‘Add Number’ dan masukkan di kolom yang telah tersedia.
  • Jika sudah, lakukan verifikasi dengan memasukkan enam digit kode konfirmasi yang akan diberikan Instagram via SMS. Lanjutkan dengan menyentuh tombol panah di pojok kanan atas.
cara-menggunakan-fitur keamanan-instagram
source: teknobos
  • Jika proses ini telah berhasil, Anda akan mendapati lima macam kode backup. Kode tersebut bisa digunakan untuk mengakses akun Instagram Anda apabila Anda sedang tidak bisa menerima security code melalui pesan teks

Anda boleh mengingat-ingat satu di antara lima kode tersebut dan menggunakannya setiap proses login Instagram terjadi. Namun untuk memudahkan Anda, Instagram secara otomatis telah men-screenshot tampilan ini, sehingga kode-kode tersebut telah langsung tersedia di galeri smartphone Anda.

Jika ingin mengarsipkannya, sentuh saja opsi ‘Copy Codes’, lalu simpan di aplikasi notes di ponsel atau kirimkan saja ke email pribadi Anda, atau bisa juga di screenshot.

Sementara itu apabila Anda merasa kode tersebut terlalu sering dipakai atau sudah lama tidak diganti, jangan ragu untuk meminta security code baru pada Instagram. Hal ini bertujuan untuk mempersulit peretasan akun yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab.