Teknobos
Tech in Touch

Gampang! Inilah Cara Melacak Hp android Yang Hilang

Cara melacak hp – Mungkin diantara kita semua pernah mengalami kehilangan hp atau barang berharga lainya, entah karena lupa menaru, lalai atau bahkan terjatuh. Tapi yang paling ngeselin itu kalo dicuri, dirampok oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara ini memungkinkan kita untuk melacak lokasi ponsel android. Ketika smartphone benar-benar dicuri atau hilang terjatuh, kita dapat menggunakan ponsel teman atau perangkat lain seperti laptop/PC untuk melacak lokasi hp terakhir kita.

Bagi kalian yang sudah menggunakan ponsel android keluaran terbaru, Android Device Manager ada dalam menu settings. Namun jika tidak menemukannya, Anda dapat men-download aplikasi Android Device Manager di Google Play Store.

Aktifkan Android Device Manager

Pada dasarnya, layanan ini akan langsung terhubung dengan Google, melalui Gmail yang digunakan. Jadi semartphone akan otomatis melakuakan singkron dengan lokasi kalian berada (jika aktif lokasinya). Langsung saja, berikut ini adalah cara mengaktifkannya.

  • Langkah pertama adalah masuk menu seting > security > device administration.

  • Lalu, klik ikon pada pilihan Android Device Manager sehingga tanda centang muncul pada bagian tersebut. Jika sudah, kembalilah ke menu utama Settings.

  • Setelah itu, klik menu lokasi dan tekan tombol untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif, klik menu mode.

  • Kini Anda berada pada menu mode. Pilih high accuracy agar Google dapat melacak lokasi dengan sangat akurat. Jika sudah aktif, klik tombol kembali dan pilih menu Google Location History.
  • Aktifkan Location History dan Device Anda dengan mengklik kedua tombol switch yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

Cara Melacak Hp Android

Kini fitur keamanan Android Device Manager sudah terkonfigurasi dengan benar dan smartphone dapat dilacak dengan bantuan Google. Lalu bagaimana cara melacaknya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Web browser yang Anda miliki, entah dari ponsel, tablet maupun komputer.
  • Buka Google.com lalu ketik saja “temukan ponsel saya”.

  • Klik pada hasil pencarian paling atas, disana Anda akan menemukan sebuah peta atau halaman resmi Android Device Manager. Dan masuklah dengan akun email Anda.
  • Kini Anda dapat melihat lokasi terakhir smartphone Anda berada. Anda dapat melakukan beberapa hal yakni Ring atau Enable Lock dan Erase.

 

cara-melacak-hp

  • Ring berfungsi untuk membunyikan smartphone Anda meski dalam keadaan silent. Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda lupa menaruh smartphone yang lokasinya dekat dengan Anda. Sedangkan Lock dan Erase lebih cocok jika smartphone Anda hilang dicuri ataupun jatuh karena fitur ini berfungsi untuk mengunci dan menghapus data-data pribadi Anda.
Ingat, jangan gunakan ini untuk kejahatan atau hanya usil menjahili teman. Coba lah dengan perangkat anda sendiri. Sekian cara ampuh untuk menemukan smartphone yang hilang dicuri atau terjatuh, semoga cara melacak hp ini bermanfaat.