Cara Melacak Android Yang Hilang dengan Mudah

https://www.androidcentral.com/

Cara melacak android yang hilang bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi. Cara melacak android yang hilang, juga bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer.

Ada banyak pilihan untuk melacak hp android yang hilang, baik itu karena jauth di jalan, atau karena di curi orang. Pengguna smartphon perlu mempersiapkan semuanya untuk berjaga-jaga. Agar ketika hp android hilang, pengguna masih bisa melacak keberadaan hp android nya.

Dengan banyaknya ponsel berbasis android serta semakin canggihnya ponsel tersebut, maka pencurian dan perampokan hp android sering terjadi di berbagai wilayah. Tidak terkecuali di sekitar tempat kita berada sekarang ini.

Cara Melacak Android Yang Hilang

Biasanya, untuk melacak android yang hilang perlu menggunakan aplikasi besutan Google. Bagi para pengguna android, sebaiknya memasang aplikasi ini di smartphone nya. Berikut ini merupakan pembahasan metode pelacakan lokasi ponsel android yang telah hilang.

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Android Device Manager

Aplikasi Device Manager - Cara Melacak Android Yang Hilang
Playstore

Setelah menginstal aplikasi Device Manager, buka aplikasi dan “Accept” untuk menerima syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian login menggunakan akun Google yang aktif dan digunakan pada smartphone. Sebagai catatan, memasukkan akun Google yang aktif merupakan suatu keharusan agar mudah dalam melacaknya. Kemudian pilih menu yang ada di layar tersebut dan mulailah untuk pencarian.

Sebagai catatan, aplikasi ini akan bekerja dengan maksimal jika dengan menggunakan 2 smart phone. Artinya, jika smartphone yang satu hilang, maka akan bisa dengan mudah untuk melacaknya melalui smartphone yang lain.

Lakukan perintah melalui aplikasi tersebut. Pilihan perintah diantaranya adalah mengunci, bergetar, serta berdering. Pilihan mengunci bisa menjadi pilihan cerdas, agar smartphone yang hilang tidak bisa diubah datanya oleh pelaku pencuri. Dengan begini, untuk menemukan android yang hilang akan lebih mudah.

Cara 2: Melacak Android Menggunakan Komputer

Melacak Android Menggunakan Komputer - Cara Melacak Android Yang Hilang
Find My Device by Google

Cara melacak android yang hilang yang kedua, adalah dengan menggunakan komputer. Masih menggunakan aplikasi yang sama, cara untuk mendeteksi lokasinya pun cukup mudah.

Pertama-tama, pengguna membuka website resmi Google Device Manager dan login melalui akun Gmail. Akan muncul notifikasi “Alert” yang berarti “Perhatian” Saat muncul menu “alert” klik “Accept” untuk melanjutkan pelacakan.

Untuk melakukan pelacakan hp android, klik icon GPS berupa lingkaran di pojok kanan atas pop-up. Jika GPS pada ponsel yang hilang tidak aktif, tinggal gunakan menu “Erase” untuk meresetnya. Dengan mereset, artinya GPS akan aktif sesuai pengaturan pabrik aslinya.

Itulah 2 cara melacak android yang hilang, baik itu karena terjatuh di jalan, atau karena dicuri oleh orang. Dengan melacak smartphone, kita bisa dengan mudah menemukan dan mengendalikan hp yang hilang tersebut dari jarak jauh.

Dengan memakai cara melacak android yang hilang di atas, diharapkan ke depannya kasus smartphone yang hilang tidak akan meningkat. Karena cara melacak hp android yang telah disebutkan di atas, dapat membantu kamu yang kehilangan hp android.