Cara Instal Font Di Windows (Menambah Font Baru)

Instal Font Di Windows – Font adalah jenis tulisan yang biasa digunakan pada perangkat komputer, ataupun ponsel android. Font sendiri sering digunakan demi mempercantik sebuah tulisan yang dibuat menggunakan komputer. Tapi tidak jarang, font juga digunakan untuk mempercantik sebuah gambar, dengan tambahan kata-kata tertentu.

Bagi para desainer grafis, font dapat membantu mempercantik desain gambar yang mereka buat. Berbagai macam jenis tulisan, dari yang tebal, tipis, miring, tegak, dan bahkan keriting sekalipun, semua ada jenis font-nya masing-masing.

Pada dasarnya, jika menginstal sebuah sistem operasi komputer maupun laptop seperti Windows. Sistem operasi tersebut telah dilengkapi dengan beberapa pilihan font yang variatif. Tapi terkadang ada saja pengguna yang ingin menambahkan font baru ke Windows, sebagai pelengkap karya tulis atau desain gambar mereka.

Orang-orang yang bekerja di bidang desain grafis, biasanya menjadi yang paling sering menggunakan berbagai jenis font tulisan. Hal itu mereka lakukan agar gambar hasil desain mereka jadi lebih menarik, dengan menggunakan font baru. Selain itu, terkadang permintaan kliennya sendiri juga menjadi salah satu faktor, dari pemakaian beragam jenis font yang unik tersebut.

Cara Instal Font Di Windows 10 Dengan Mudah

Cara Instal Font Di Windows 10

 

Pada sistem operasi Windows sendiri, kita bisa menemukan cukup banyak jenis font, seperti Arial, Calibri, Times New Roman, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun semua font yang disediakan oleh Windows hanya bersifat regular, atau yang sering digunakan saja.

Bila ingin menggunakan font lain yang lebih unik, kita bisa menambahkan font baru ke Windows. Ketika font baru sudah ditambahkan, nantinya font itu bisa digunakan pada software desain seperti Photoshop dan Corel Draw. Dengan begitu, desain gambar yang dibuat, bisa terlihat lebih bagus dan menarik.

Masing-masing  versi Windows menyediakan jenis tulisan atau font yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya, mari kita terapkan cara menambahkan font ke Windows, atau instal font di Windows 10 berikut ini.

Langkah-langkah menambahkan font baru ke Windows

  • Langkah pertama untuk instal font di Windows adalah, dengan mencari jenis font yang ingin ditambahkan terlebih dahulu.
  • Kita bisa membuka website atau situs yang menyediakan download font gratis.
  • Ketika font yang diinginkan sudah ditemukan, maka simpan font tersebut kedalam perangkat komputer dengan cara download.1 Cara Instal Font Di Windows Menambah Font Baru
  • Selanjutnya, cari font yang sudah diunduh tersebut pada folder download.
  • Biasanya file font itu dikemas dalam format Zip atau RAR.
  • Kemudian extract file dengan format Zip atau RAR tersebut.2 Cara Instal Font Di Windows Menambah Font Baru
  • Di situ kita akan menemukan beberapa file, maka carilah file dengan format ekstensi TTF.
  • Salin atau copy file berformat ekstensi TTF tersebut.
  • Selanjutnya, buka Windows Explorer > System C: > Fonts.3 Cara Instal Font Di Windows Menambah Font Baru
  • Lalu tempelkan atau paste font dalam format TTF tadi pada halaman tersebut.
  • Cara lainnya, kita bisa buka file TTF tersebut, lalu klik tombol instal yang ada di pojok kiri atas.4 Cara Instal Font Di Windows Menambah Font Baru
  • Selesai.

Sekarang font yang baru saja kita unduh, dan ditambahkan ke Windows sudah bisa digunakan, untuk mempercantik tulisan maupun gambar hasil desain kita.

Setelah instal font di Windows, jangan lupa untuk mencoba jenis font yang tadi sudah diinstal. Kita harus memastikan terlebih dahulu, apakah font yang tadi ditambahkan tadi sudah berjalan atau belum. Itulah cara menambahkan atau instal font di Windows, baik itu untuk komputer maupun laptop.