Cara Instal Android Studio Untuk Laptop Atau PC

280

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Cara instal android studio adalah hal yang harus diketahui oleh Anda yang ingin membuat atau mengembangkan aplikasi Android. Android Studio merupakan sebuah perangkat lunak ciptaan dari Google yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi Android. Perangkat ini menyediakan berbagai jenis fitur yang membuat alur kerja pembuatan aplikasi menjadi lebih nyaman dan mudah untuk digunakan.

Android Studio merupakan lingkungan pengembangan terpadu secara resmi yang diperuntukkan bagai para developer aplikasi Android. Pada awalnya perangkat ini memiliki tahap preview dengan versi 0.1. Lalu memasuki tahap beta pada bulan Juni 2014 dan dirilis Desember 2014 dengan versi 1.0. Perangkat ini memang diciptakan khusus untuk Windows, Max OS X, dan Linux.

Lalu bagaimana cara menginstal perangkat Android Studio pada laptop atau PC? Di bawah ini akan diuraikan penjelasannya.

Langkah-Langkah Atau Cara Instal Android Studio

Cara Instal Android Studio - TIps Komputer

Perlu diingat bahwa PC harus memiliki salah satu jenis sistem seperti Windows 2003 (32 bit atau 64 bit), Windows Vista (32 bit atau 64 bit), Windows 7 (32 bit atau 64 bit), Windows 8 atau Windows 8.1, Mac OS X 10.5.8 atau yang lebih baru, Linux versi 2.11 atau yang lebih baru dari GNU C Library. Sedangkan RAM yang dimiliki minimal yaitu 2 GB. Selain itu, pastikan ruang memori yang tersedia setidaknya 1,5 GB.

Tahapan sebelum menginstal Android Studio adalah melakukan instalasi Java Development Kit dan mengunduh perangkat Android Studio. Instalasi Java ini diperlukan karena perangkat Android Studio dikembangkan dengan menggunakan pemrograman Java. Installah Java baik versi 6 atau 7 dengan edisi Standar Kit Java Platform Pembangunan. Perangkat ini menyediakan 2 paket yaitu JDK dan JRE. Installah yang JDK.

Kemudian unduhlah perangkat Android Studio. Selanjutnya, akan langsung kita bahas langkah-langkah menginstal Android Studio :

  1. Pertama, carilah file yang sudah di download lalu klik dua kali untuk memulai instalasi. Klik tombol ‘yes’ dan tombol ‘Next’.
  2. Kemudian akan muncul kotak perjanjian lisensi. Klik tombol ‘I Agree’.
  3. Selanjutnya klik lagi tombol ‘Next’ dan ‘Install’.
  4. Proses instalasi dimulai dan tunggu saja hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah proses instalasi selesai, klik kembali tombol ‘Next’.
  6. Lalu masuk ke halaman Finish. Klik centang pada menu Start Android Studio dan klik ‘Finish’.
  7. Saat pertama kali perangkat diluncurkan, akan muncul sebuah dialog yang menyediakan pilihan untuk mengimpor pengaturan dari versi sebelumnya. Pilihlah untuk mengimpornya atau tidak.
  8. Setelah penginstalan selesai, akan muncul jendela ‘Welcome to Android Studio’. Pilih ‘Start a new android Studio Project’ untuk mulai membuat aplikasi.

Itu dia langkah-langkah atau cara instal Android Studio pada PC Anda. Ikutilah langkah-langkahnya secara saksama dan benar agar proses instalasi berhasil. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga tips komputer lainnya.