Cara Hemat Paket Data di iPhone, Ga Takut Kuota Habis

58

Teknobos  – Cara Hemat Paket Data di iPhone, Ga Takut Kuota Habis – Menghabiskan paket data di iPhone itu mudah. Dengan aplikasi yang terus diperbarui, media sosial tidak akan pernah berhenti menjalankan data latar belakang, yang juga akan menghabiskan penggunaan internet. Akibatnya, kuota tersebut habis sebelum waktunya.

Cara Hemat Paket Data di iPhone, Ga Takut Kuota Habis

Untuk mencegah hal ini terjadi, beberapa metode dapat digunakan. Tenang saja, Anda tidak perlu mematikan Internet sepenuhnya. Ikuti saja cara berikut ini.

1. Pilih aplikasi mana yang bisa diakses menggunakan paket data

Umumnya, aplikasi yang memuat banyak gambar dan video adalah aplikasi yang mengonsumsi paket data paling banyak. Tapi pastikan, Anda bisa memeriksanya melalui “Settings”> “Cellular”.

Di bawah bagian “Data Seluler”, Anda akan menemukan nama aplikasi dan jumlah data yang digunakan. Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang menurut Anda tidak penting. Dengan cara ini, mereka tidak dapat diakses menggunakan paket data.

2. Jangan biarkan iTunes & App Store mengunduh dengan menggunakan paket data Anda

Tentu saja, mengunduh dan memperbarui aplikasi membutuhkan banyak internet. Oleh karena itu, jangan sampai Anda melakukannya dengan paket data. Untuk mencegahnya, buka “Pengaturan”> “iTunes & App Store”.

Di bagian paling bawah, Anda akan menemukan opsi “Gunakan data seluler”. Pastikan toggle tidak hijau. Dengan cara ini, semua proses di iTunes dan App Store hanya dapat berjalan saat iPhone terhubung ke Wi-Fi.

3. Matikan penggunaan background data

Meski ditutup, aplikasi di smartphone biasanya masih berjalan di background. Inilah salah satu alasan mengapa paket data berkurang tanpa disadari. Jika Anda tidak ingin ini terjadi, Anda dapat mematikannya menggunakan beberapa metode.

Buka Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Pastikan centangnya bukan Wi-Fi dan data seluler. Anda dapat mematikannya sepenuhnya, atau Anda dapat menyalakannya hanya jika Wi-Fi tersedia.

4. Matikan Wi-Fi Assist

Wi-Fi Assist adalah perintah yang akan mengubah koneksi Anda ke paket data saat sinyal Wi-Fi dianggap terlalu lemah. Ini dilakukan secara otomatis, jadi jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat kehilangan paket data tanpa menyadarinya.

Oleh karena itu, untuk mencegah perubahan yang tidak perlu, metodenya sangat sederhana. Buka “Pengaturan”> “Seluler”. Gulir hingga Anda menemukan Wi-Fi Assist. Geser toggle hingga berubah menjadi putih.

5. Nonaktifkan LTE & data roaming

Baik LTE dan roaming data meningkatkan pengeluaran paket data. Karena itu, jika Anda tidak membutuhkannya, sebaiknya Anda mematikannya. Untuk LTE, cukup buka “Pengaturan”> “Seluler”> “Opsi Data Seluler”, dan di bagian “Aktifkan LTE”, klik “Nonaktif”.

Baik LTE dan roaming data akan meningkatkan pengeluaran paket data. Karena itu, jika tidak diperlukan, yang terbaik adalah mematikannya. Untuk LTE, cukup buka “Pengaturan”> “Seluler”> “Opsi Data Seluler” dan klik “Nonaktif” di bagian “Aktifkan LTE”.

Baca juga : Tips Beli iPhone Bekas yang Berkualitas