Tips dan Cara Menghemat Kuota Internet iPhone

Cara Hemat Kuota iPhone versi Teknobos – Kali ini kami akan memberika sedikit informasi seputar cara menghemat kuota internet iPhone. Bagi kalian yang mengalami masalah pada kuota hp iPhone? Mungkin kamu merasa kuota paket data di iPhone kamu cepat habis dengan sendirinya ketika kamu menggunakan iPhone.

Tentu saja anda dapat menghemat kuota internet di iPhone, dengan demikian paket data lebih hemat dan tidak akan cepat habis (boros kuota).

Kumpulan Tips dan Cara Hemat Kuota Internet iPhone

Untuk anda yang ingin tahu cara menghemat penggunaan data iOS, anda bisa mengikuti beberapa langkah cara menghemat kuota data internet di iPhone:

1. Pembatasan Aplikasi Yang Menggunakan Paket Data

Beberapa aplikasi yang berhubungan dengan multimedia seperti Youtube, Spotify, Apple Music, dan lain-lain memang sering menyebabkan ke borosan kuota internet. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk download file multimedia tersebut agar kamu bisa akses secara offline.

kuota-iphone

sudah menyediakan fitur untuk download dan putar offline. Dengan mengakses secara offline, kamu bisa hemat kuota data dan pemakaian data tidak akan boros.

2. Matikan Paket Data Saat Tidak diGunakan

Cara mematikan paket data di iPhone juga sangat mudah. Anda cukup masuk ke menu Settings – Cellular dan matikan paket data iPhone kamu dari sana. Setelah paket data mati, kamu bisa aman tanpa perlu lagi khawatir pemakaian kuota iPhone boros.

3. Matikan Fitur Lokasi Service

Pastinya fitur lokasi berkaitan erat dengan GPS yang membutuhkan aliran data saat digunakan. Tentu saja hal ini bisa berpotensi membuat penggunaan kuota internet iPhone menjadi boros.

cara-menghemat-kuota-iphone-lokasi

Cara Menghemat Kuota berikutnya agar tidak boros, Anda bisa mematikan fitur lokasi di Aplikasi yang sekiranya tidak perlu. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan privasi karena tidak membagikan lokasi kepada publik.

4. Matikan Background App Refresh

Cara Menghemat Kuota Hp khusus iPhone ini juga tidak kalah pentingnya, pasalnya Background App Refresh ini memiliki kemampuan untuk mengupdate segala informasi di latar belakang ketika aplikasi tidak sedang dibuka atau digunakan.

Namun bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Tentu saja karena selalu update informasi di latar belakang, iPhone akan lebih banyak menggunakan data internet dan menyebabkan paket data kamu lebih cepat habis.

5. Matikan Download Otomatis

Download Otomatis adalah sebuah pengaturan bawaan dari iOS, untuk mempermudah pengguna dalam mengakses stiap fitur dalam App. Jika kamu mematikan update otomatis aplikasi iOS, kamu bisa melakukan tip dan cara menghemat kuota iPhone:

cara-hemat-kuota-iphone

  • Di iPhone, masuk ke Setting – iTunes & App Store.
  • Kamu akan menemukan beberapa pengaturan yang berhubungan dengan download otomatis. Ada download otomatis aplikasi, download otomatis musik, buku, dan download update otomatis.
  • Anda matikan saja bagian Update App Store. Namun tidak ada salahnya untuk mematikan download otomatis di semua pilihan tersebut.

6. Matikan iCloud Photo Gallery

ICloud Photo library memungkinkan kamu untuk terus melakukan sinkronisasi foto dan video yang ada di iPhone anda ke layanan penyimpanan iCloud. Kelebihannya adalah bisa mengakses semua foto dan video ke semua perangkat Apple.

cara-menghemat-kuota-internet-iphone

Kelemahan dan kekurangan iCloud Photo Library, fitur ini membuat kuota internet iPhone menjadi boros dan cepat habis. Untuk itu, baiknya non aktifkan iCloud Photo Gallery.

7. Gunakan Browser Hemat Data

Hal yang kadang kita lakukan ketika bosan atau penasaran adalah browshing, melakukan perjalannan dalam dunia internet. Tentunya anda butuh aplikasi web browser yang lebih hemat data. Cukup banyak aplikasi browser iPhone, namun saran kami adalah Opera Mini.

Kelebihan Opera Mini ini tentu saja jauh lebih hemat dalam hal penggunaan data. Kamu bisa browsing dengan hemat tanpa harus mengorbankan banyak sisi kualitas halaman web.

tips-menghemat-kuota-internet
Baca juga:
Kuota Cepat Habis? Inilah 5 Tips Menghemat Data Internet

8. Gunakan iTunes agar Hemat Download Aplikasi

Kamu sering update aplikasi iOS di iPhone atau iPad? Kamu bisa mencoba untuk download aplikasi iOS tersebut sekali saja menggunakan iTunes yang ada di komputer PC atau laptop dan bisa kamu install di iPhone dan iPad.

tips-menghemat-kuota-iphone

Dengan download aplikasi iOS ke iTunes yang ada di PC atau laptop, tentu saja kamu cukup download sekali saja dan bisa kamu gunakan beberapa kali.

  • Pastikan Mac atau PC kamu sudah terhubung ke sambungan internet dan mampu mengakses internet.
  • Buka iTunes di Mac atau PC. Pastikan anda sudah berhasil login ke iTunes dengan Apple ID yang sama dengan Apple ID di iPhone, iPad, atau iPod Touch anda.
  • Buka App Store melalui iTunes, cari aplikasi yang ingin kamu unduh.
  • Klik unduh aplikasi. Tunggu hingga selesai.

9. Gunakan Wifi

Solusi terbaik dan jitu yang bisa anda lakukan untuk tetap menggunakan semua fungsi internet tanpa harus khawatir, seperti paket data cepat habis adalah dengan menggunakan wifi.

kuota internet 4g
Baca juga:
Kuota Internet 4G Lebih Cepat Habis! 4 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Uniknya bahwa Wifi bisa menjadi alternatif untuk menghemat kuota internet iPhone agar tidak boros. Namun alangkah lebih baik lagi jika Wifi yang di gunakan juga merupakan Wifi gratis dan unlimited. Jangan gunakan wifi tetring dari hp teman ya.