Cara Hemat Baterai HP, Gak Perlu Charge Ulang Seharian

29

Teknobos  – Cara Hemat Baterai HP, Gak Perlu Charge Ulang Seharian – Saat ini, rata-rata kapasitas baterai sebuah smartphone berkisar antara 3.000-4.000 mAh yang bisa bertahan seharian penuh. Namun, bahkan dalam situasi yang sangat penting, akan selalu ada saat-saat kita kehabisan daya baterai. Dan kita tidak membawa daya ponsel atau mencari soket pengisian daya.

Cara Hemat Baterai HP, Gak Perlu Charge Ulang Seharian

Dalam hal ini, apa yang harus kita lakukan? Tenang, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone Anda. Mari lihat!

1. Matikan layanan lokasi

Matikan layanan lokasi

Saat daya baterai rendah, yang terbaik adalah mematikan layanan lokasi terlebih dahulu. Selain itu, jika Anda berada di tempat dengan sinyal lemah, mengaktifkan layanan lokasi akan menghabiskan daya baterai lebih cepat daripada di tempat dengan sinyal kuat.

Ingin tahu penjelasan di baliknya? Penerima GPS di smartphone adalah chip kecil yang memungkinkan kita memperkirakan posisi kita kapan saja.

Jika kita mengaktifkan layanan lokasi, smartphone akan terus menerima sinyal untuk pelacakan lokasi yang akurat. Ini dapat menguras baterai smartphone.

2. Jaga agar suhu tetap normal dan tidak overheat

Jaga agar suhu tetap normal dan tidak overheat

Berapa suhu yang ideal agar smartphone dapat terus bekerja secara normal? Suhu ideal untuk baterai lithium ion adalah 0 ° C dan 45 ° C.

Ketika suhu turun di bawah 0 ° C, daya yang tersedia di baterai akan berkurang. Situs Quartz menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh pembatasan pergerakan logam litium dan ion litium di dalam elektroda dan melalui elektrolit.

Pada saat yang sama, suhu yang lebih tinggi dari 45 ° C akan menguras baterai dengan cepat. Saat cuaca panas, baterai akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan energi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan smartphone di bawah sinar matahari langsung, terutama untuk jangka waktu yang lama. Suhunya bisa naik sampai 70 ° C!

3. Mematikan push notification untuk menghemat baterai

Mematikan push notification untuk menghemat baterai

Sangat berguna untuk mendapatkan informasi terbaru dari push notification. Kami kita akan melewatkan informasi apapun, misalnya ketika channel YouTube favorit kita merilis video baru, kita dapat langsung menontonnya. Atau ketika seseorang baru saja mengikuti akun Instagram kita akan menerima pemberitahuan, sehingga kita bisa segera mengetahuinya.

Nyatanya, push notification bisa membuat konsumsi baterai lebih cepat. Ini karena aplikasi akan secara otomatis menghasilkan pesan dari server dan mengirimkannya ke layar smartphone kita. Di sisi lain, aplikasi membutuhkan jaringan Internet untuk memberi tahu kita. Jadi, jangan heran jika baterai kita cepat habis.

4. Aktifkan mode pesawat

Aktifkan mode pesawat

Mengaktifkan mode pesawat merupakan cara klasik yang sering digunakan banyak orang. Selain itu, saat baterai hampir habis. Mode pesawat bekerja dengan menutup semua koneksi pada smartphone. Mulailah dengan jaringan seluler, Bluetooth, WiFi dan GPS. Kita juga tidak dapat mengirim atau menerima pesan teks dan panggilan telepon.

Mengaktifkan mode pesawat akan membuat baterai bertahan lebih lama. Mengapa? karena smartphone tidak terus-menerus melakukan “ping” ke menara seluler untuk terhubung ke jaringan. Konsumsi baterai smartphone yang tidak mengaktifkan mode pesawat akan meningkat 10%.