Cara Downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11

159

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Untuk downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11, pastikan baterai iPhone kamu terisi penuh. Setelah itu hubungkan iPhone ke Mac / PC kemudian buka iTunes.

ke iOS 11 - Tips Smartphone

Dalam kondisi terhubung ke iTunes, masuk ke recovery mode dengan menekan kombinasi tombol recovery mode. Kombinasi tombol ini berbeda-beda tergantung iPhone apa yang anda gunakan. Untuk iPhone 6s atau yang lebih lama, tekan tahan tombol Home dan Power. Tekan dan tahan terus hingga muncul tampilan recovery mode.

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus, tekan lalu tahan tombol Volume Down dan Power sampai muncul tampilan recovery mode.

Sedangkan untuk lini iPhone terbaru seperti iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus, tekan volume up lalu cepat lepas, volume down lalu cepat lepas, dan tekan lalu tahan tombol power hingga muncul tampilan recovery mode.

Setelah itu di iTunes bakal muncul popup recovery, lalu klik pada bagian Restore. Muncul lagi popup konfirmasi, klik Restore and Update.

Terakhir kamu tinggal ikuti saja wizardnya. iTunes bakal mendownload iOS 11 Final terbaru, kamu bisa klik di pojok kanan untuk melihat progressnya, dan tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

Jika iPhone kamu restart sebelum proses download selesai, jangan khawatir, kamu bisa ulangi lagi masuk ke recovery mode menggunakan kombinasi tombol tadi. Lalu sekali lagi pilih Restore dan proses downgrade iOS akan langsung dimulai.

Setelah proses downgrade selesai, iOS iPhone sudah kembali ke iOS 11 Final lagi. Statusnya masih kosong, maka anda hanya perlu melakukan restore arsip backup yang sudah anda buat melalui iTunes.

Di kolom backups iTunes anda tinggal klik saja Restore backup, dan pilih arsip backup yang sudah anda buat sebelum install iOS 12 Beta.

Selesai, kini iPhone anda sudah kembali lagi ke iOS 11 dengan data yang sudah kembali juga.

Baca juga artikel tips Smartphone lainnya.