Cara Defrag Windows 8 Secara Otomatis dan Praktis

60

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pernahkah kamu mendengar istilah defrag? defrag merupakan singkatan dari kata defragging yang mana merupakan sebuah proses dari hard disk dalam meningkatkan dan memulihkan kembali kinerja hard disk yang sempat hilang. Proses ini biasa dilakukan sebagai salah satu cara untuk merawat PC pada hard disk yang digunakan sebagai penyimpanan data. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan info tentang cara defrag Windows 8 secara mudah dan otomatis.

Cara Defrag Windows 8 Dengan Mudah

Cara Defrag Windows 8 - Tips

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka “file explorer”, setelah itu klik pada ikon “computer” yang ada pada kolom navigasi. Langkah berikutnya , klik pada tab “Manage” dan pilihlah ikon “Optimize”.

Langkah kedua, tekan pada ikon “Change Setting” yang mana nantinya akan mengatur proses defrag. Setelah itu, pasti akan muncul tampilan Windows Optimize Drives. Dan untuk mengaktifkan Defrag secara otomatis maka yang perlu kamu lakukan adalah klik pada “Run on a schedule”. Kemudian untuk mengatur waktu otomatisnya, klik pada menu “Frequency”.

Langkah berikutnya, kliklah pada tombol “Choose” yang ada pada Drives. Hal ini dilakukan untuk menentukan drive yang akan kamu defrag secara otomatis.

Pada tampilan berikutnya pasti kamu akan menjumpai tampilan Windows baru. Yang perlu dilakukan adalah klik pada Drive yang dikehendaki dan jangan lupa untuk klik pada “Automatically Optimize New Drives”, dan klik OK.

Sangat mudah bukan cara defrag windows 8 pada komputer kamu tersebut? Langkah di atas merupakan cara termudah untuk melakukan proses defragging, khususnya untuk sistem operasi Windows 8.

Mungkin belum banyak orang tahu mengenai manfaat dari defrag windows. Tapi yang perlu kamu tahu bahwa sebuah hard disk dalam waktu ke waktu akan mengalami performa selama masa penggunaan. Dan hal tersebut akan mempengaruhi kapasitas dalam ketersediaan media penyimpanan datanya. Oleh sebab itu, kembalikan performa hard disk kamu dengan melakukan defragging.

Cara defrag windows 8 secara otomatis pun sangat mudah dilakukan. Jadi hanya dengan mempelajari langkah-langkah di atas, kamu bisa mendefrag Windows mu kapan pun itu dibutuhkan.

Baca juga tips komputer lainnya.