Teknobos
Tech in Touch

Cara Mudah Cek IMEI Hp Dan Kegunaanya

Cek IMEI hp berfungsi untuk mengetahui apakah hp yang kita gunakan itu adalah barang legal atau ilegal. Banyak sekali sekarang beredar barang black market atau selundupan yang dijual di bawah harga normal dan nantinya dijual ke konsumen dengan harga normal. Tentu saja hal itu sangat merugikan pembeli dan juga negara.

Semua hp memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Jikalau ditemukan ada nomor yang sama, berarti barang itu adalah hp illegal. Agar lebih waspada, kamu harus tahu bagaimana cara mengecek nomor IMEI sehingga bisa melakukannya sendiri.

Cara Memeriksa atau Cek IMEI HP

Ada 3 cara yang bisa kamu coba dan sangat mudah. Tidak peru waktu lama untuk cek IMEI hp, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Cara cek IMEI dengan kode

Cara mengeceknya sangat mudah. Kamu tinggal menekan kode *#06# dan tekan. Setelah itu tunggulah sebentar, maka akan muncul 15 digit nomor IMEI dari hp kamu. Hal ini dapat kamu lakukan saat membeli baru ataupun hp second.

2. Cara cek IMEI dengan manual

Yang harus kamu lakukan setelah mengecek melalui kode *#06#, cocokkan kode dengan 15 digit yang kamu lihat dengan nomor IMEI yang berada di bodi hp, letaknya ada di bawah baterai ataupun di box hp.

3. Cara cek IMEI dengan internet

Agar lebih yakin lagi dan benar-benar valid, kamu bisa melakukan cek lagi dengan bantuan internet. Caranya adalah dengan mengunjungi alamat website www.numberingplans.com ataupun imei.info. melalui website numbering plans , pilih menu number analysis tools pada sisi kiri. Setelah masuk ke dalam menu yang telah disebutkan tadi, klik Analysis of IMEI numbers.

Setelah itu masukkan 15 digit nomor IMEI hp kamu ke dalam kolom yang tersedia dan klik tombol analyze. Apabila kamu memilih menggunakan imei.info, langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor IMEI lalu klik check. Hasilnya akan terlihat di layar dan kamu akan mendapatkan informasi tentang hp kamu dengan mudahnya.

Selain untuk mengecek keaslian barang, nomor IMEI ini juga dapat berfungsi untuk melacak hp kamu yang hilang lewat bantuan provider. Caranya adalah dengan memblokir nomor IMEI nya melalui provider jaringan agar tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya atau mati.

Ternyata cek IMEI hp itu sangat berguna bagi kamu. Sehingga kamu bisa lebih waspada lagi dalam membeli hp agar tidak tertipu dengan barang ilegal. Selamat mencoba dan semoga informasi ini berguna.