Cara Blokir Situs Sebagai Tindakan Preventif

Memblokir situs tertentu yang mengandung konten yang tidak semestinya adalah tindakan preventif terbaik. Cara blokir situs ini dapat kamu lakukan agar adik atau anak-anak yang belum cukup umur tidak dapat mengakses konten yang tidak layak dikonsumsi dan membuat mereka mengakses situs hanya yang sesuai dengan usianya.

Memblokir situs bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Kamu tidak usah ribet dengan harus mendownload aplikasi tertentu untuk melakukannya. Kamu bisa melakukannya hanya dengan menggunakan fitur bawaan software dan dengan langkah yang sederhana.

Cara blokir situs - Tips

Cara mudah memblokir situs

  1. Bukalah notepad dengan run as administrator

  2. Buka file-open-lalu browse ke C:\Windows\System32\drivers\etc

  3. Pastikanlah pilih All Files.

  4. Setelah itu buka file host

  5. Pilih alamat URL yang ingin di block ke IP 127.0.0.1. Contohnya adalah kita akan memblokir situs facebook (facebook.com dan www.facebook.com), maka langkah selanjutnya tinggal tambahkan saja alamat itu

  6. Setelah selesai, save dan clear cache browsernya

Apabila terjadi kegagalan ataupun interupsi saat proses penyimpanan, mungkin itu karena adanya antivirus yang memproteksi. Untuk mengatasinya cobalah matikan dahulu antivirus untuk sementara. Setelah cara blokir situs telah berhasil dan bisa di save, kamu bisa mengaktifkan lagi antivirusnya.

Untuk meyakinkan kalau sudah berhasil, cobalah kunjungi situs yang diblokir tersebut melalui browser apa saja. Pemblokiran situs ini akan berlaku untuk semua akun pengguna windows, termasuk juga untuk kamu sendiri walaupun sebagai administrator.

Cara kedua bisa kamu lakukan melalui family safety. Hal ini bisa dilakukan apabila akun windows di masing-masing anggota keluarga ternyata berbeda. Caranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, search Family Safety, lalu klik.

  2. Setelah box family safety muncul, buatlah akun untuk anak atau adik di dalam PC bila belum ada akun lain. Jadi langkah selanjutnya adalah membuat akun tersebut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

  3. Aturlah web filtering dan masukkan semua alamat website yang ingin di blok. Pilihan lainnya, kamu juga bisa memblokir semua online communication dan membuat settingan untuk anak-anak hanya bisa mengakses web yang sudah ditentukan. Untuk lebih amannya, blokirlah semua situs pornografi dengan otomatis.

Inilah cara blokir situs yang mudah. Untuk anak-anak kamu bisa melakukan setting agar mereka hanya bisa mengakses game dan juga membatasi waktu penggunaanya. Karena efek yang terjadi bila anak-anak telah kecanduan situs yang tidak layak dikonsumsi akan sangat buruk. Oleh karena itu, tindakan preventif ini adalah hal yang paling tepat.

Baca juga trik komputer lainnya.