Ini Dia Cara Backup Data iPhone Dengan Mudah

Cara Backup Data iPhone Dengan Mudah

Cara Backup Data iPhone – Bagi para pengguna iPhone, mengetahui informasi mengenai cara backup data iPhone merupakan sebuah kewajiban. Backup merupakan kata lain dari mencadangkan. Artinya adalah jika data di backup, maka data kamu tidak akan hilang meskipun telah terhapus karena rusak atau hilang.

Belakangan ini pengguna smartphone berbasi IOS sudah mulai berkembang. Terlebih lagi dengan hadirnya beregam produk iPhone terbaru. Oleh karena itu, edukasi tentang cara mencadagkan data iPhone, perlu menjadi satu perhatian khusus, bagi para pengguna iPhone.

2 Cara Backup Data iPhone

Pengguna iPhone yang sudah cukup lama, mungkin sudah mengetahui cara backup data iPhone. Namun bagi pengguna iPhone yang terbilang baru, pastinya masih kebingungan untuk backup data iPhone ke iTunes atau iCloud.

iPhone menawarkan dua cara untuk backup data, yaitu melalui iCloud dan iTunes. Kamu para pengguna iPhone, sebaiknya simak informasi berikut ini untuk mengamankan data pad iPhone kamu.

1. Menggunakan iCloud

Cara Backup Data iPhone Dengan iCloud
support.apple.com

Mencadangkan data iPhone melalui iCloud, dimulai dengan mengaktifkan WiFi atau koneksi internet pada ponsel. Buka menu “Pengaturan” atau “Setting”, kemudian pilih menu nama kamu. setelah itu, ketik iCloud.

Untuk kamu pengguna iPhone dengan versi iOS 10.2 atau versi lebih lama, maka menu iCloud bisa dipilih melalui menu pengaturan secara langsung dengan scroll down ke bawah.

Setelah berhasil masuk ke iCloud, aktifkan “Cadangan iCloud” dengan mengetuk menu tersebut. Jangan matikan koneksi internet atau WiFi, hingga proses backup data ke iCloud selesai.

Untuk memastikan bahwa proses tersebut telah selesai, kamu bisa mengeceknya melalui menu “Pengaturan”, kemudian pilih nama kamu dan masuk ke iCloud. Buka menu “Penyimpanan iCloud” dan pilih menu “Kelola Penyimpanan”. Kemudian pilih “perangkat Anda”. Dengan cara ini, rincian data cadangan, beserta waktu akan muncul untuk kamu cek kembali.

2. Menggunakan iTunes

Cara Backup Data iPhone Dengan iTunes
support.apple.com

Cara backup data iPhone yang kedua adalah melalui iTunes. Untuk memulainya, kamu dipersilahkan membuka iTunes dan menghubungkannya melalui komputer. Biasanya akan diminta untuk memasukkan kode tertentu. Ikuti saja langkah apa yang tertera di layar ponsel.

Pilih iPhone untuk membackup data iPhone kamu, jika pilihan tersebut muncul pada iTunes. Ketuk pilihan data yang sesuai dengan kemauan kamu. Jangan lupa mengamankan kata sandi ketika melakukan proses ini. Mengapa? Karena tanpa sandi, nantinya data yang telah di-backup tidak bisa dibuka.

Untuk mengecek bahwa pencadangan kamu telah selesai, kamu bisa masuk ke menu Preferensi iTunes kemudian pilih menu Perangkat. Dengan begini, kamu bisa melihat cadangan dan detail waktu pencadangan dibuat.

Karena ada dua cara, kamu bisa memilih salah satu atau keduanya sekaligus, jika data yang kamu punya sangatlah besar. Silahkan pilih cara backup data iPhone yang menurut kamu cocok dan aman.