Teknobos
Tech in Touch

Cara Backup Data Android Ke PC Dengan Mudah

Cara backup data android ke pc tampaknya adalah sebuah hal yang penting bagi pengguna android karena dari situ kamu akan merasa aman karena data yang kamu miliki telah aman terbackup. Pilihan paling amannya adalah dengan memindahkannya ke pc lalu kamu bisa menyimpannya juga di flasdisk tertentu sebagai backup cadangan.

Seringkali adanya virus yang tiba-tiba menyerang dan membuat data hilang ataupun rusak membuat kamu sangat panik. Bisa juga karena salah pencet ataupun rusak dan hilangnya hp juga akan membuatmu merasa kecewa bila kamu belum membackup data yang kamu miliki. Karena mungkin memory seperti foto yang mengabadikan setiap moment tidak bisa kamu ulang lagi.

cara backup data android ke pc - Tips

Cara backup data android ke pc dengan mudah

  1. Cadangan Android kontak dan kalender

yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka kontak aplikasi lalu mengekspor semua kontak yang kamu miliki ke kartu SD. Gunakanlah kabel usb sebagai cadangan hp android kontak ke pc.

Apabila hp androidmu telah tersinkronisasi dengan akun google, kamu bisa langsung ke pengaturan dan pilih account & sync untuk melakukan backup. Bila kamu merasa kurang yakin, kamu bisa menggunakan aplikasi yang kamu download terlebih dahulu yaitu Wondershare MobileGo for Android.

  1. Cadangan SMS Android

untuk melakukan backup pada file sms ini, kamu lebih baik menggunakan bantuan aplikasi tambahan yang harus kamu download terlebih dahulu seperti Wondershare MobileGo for Android, cadangan sms, sms backup & restore dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satunya untuk melakukan backup ini.

  1. Backup Android audio dan video

untuk melakukan backup file audio video ini sangat mudah karena kamu bisa melakukannya dengan manual dan tanpa bantuan aplikasi lain. Cukup bermodal usb kabel dan pc saja untuk backup semua file data ini. Caranya dengan mencari folder bernama musik atau video lalu lakukan drag dan drop ke pc untuk backup.

  1. Backup Android foto

Menyimpan banyak foto ternyata juga memakan banyak memori di hp kamu, ada baiknya melakukan backup dan juga untuk menghindari hilangnya file moment berhargamu. Kamu bisa melakukannya dengan manual maupun mengirimkan foto ke komputer ataupun google+.

Itulah cara backup data android ke pc dengan mudah. Lakukan hal ini secara berkala misalnya 2 atau 3 bulan sekali untuk menghindari hp kamu dari hal yang tidak diinginkan dan juga tentunya terlalu banyaknya file yang disimpan akan membuat kinerja hp menjadi lambat.

Baca juga artikel tips smartphone lainnya.