Bus Tanpa Awak Siap Uji Coba di London, Dikendalikan Lewat Komputer!!

Bus Tanpa Awak – Memang tanpa kita sadari sebenarnya teknologi ada disekeliling kita saat ini, mulai dari Hp, Kamera dan elektronik lainnya. Untuk kendaraan sudah tak heran lagi karena sudah banyak yang memasang teknologi didalamnya, seperti yang satu ini kendaraan bus tanpa awak atau sopir.

Sebuah perusahaan asal Oxbotica, Inggris akan menguji bus tanpa awak di London. Diberitakan BBC yang merupakan stasiun televisi, radio Britania Raya bahwa Kamis 6 April 2017, kendaraan tanpa awak yang dikendalikan komputer ini mampu menempuh perjalanan hingga 16,1 kilometer per jam.

Selain itu, selama pengujian berlangsung akan ada petugas yang bisa menghentikan bus jika diperlukan.

bus-tanpa-sopir

Bus Tanpa Awak Uji Coba di London

Mini bus rancangan Firma Robotika di Inggris ini memiliki kapasitas penumpang empat orang. Memiliki alat navigasi otomatis yang dilengkapi dengan lima buah kamera untuk visual dan tiga buah laser untuk sensor. Bus ini sendiri memiliki kapasitas penumpang rata-rata sebanyak 100 orang setiap hari dengan rute Greenwich, London.

Firma adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.

Robotika adalah adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.

“Tak banyak orang merasakan moda transportasi otonom, bus itu tentu dirancang untuk aman dan sedapat mungkin meminimalkan risiko kecelakaan di wilayah ramai oleh pejalan kaki.” ungkap Graeme Smith, CEO Oxbotica.

Sebanyak 5.000 orang juga telah mendaftar untuk menjadi bagian dari uji coba bus tersebut. Sayangnya, perusahaan hanya menyediakan sebanyak 100 slot. Semoga saja bus tanpa awak yang memiliki kualitas teknologi tinggi ini akan segera di realisasikan oleh negara Indonesia.