Terjun Ke Dunia Bisnis OTA, Blibli.com Akuisisi Tiket.com

Perkembangan bisnis OTA atau Online Travel Agent, belakangan ini memang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya beberapa Travel Agent berbasis online, yang menawarkan kemudahan dalam segala keperluan liburan. Seperti contohnya menawarkan kemudahan dalam membeli tiket kereta, pesawat dan bahkan voucher hotel.

Selain itu, para konsumen cenderung memilih Online Travel Agent, karena kemudahan dalam proses pemesanan serta pembayaran. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dari bisnis OTA, yang kemudian dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Dengan adanya layanan Travel Agent berbasis online, kini konsumen dapat melakukan pemesanan tiket dari komputer ataupun smartphone.

Kemudahan yang ditawarkan oleh OTA berupa kemudahan dalam sistem pembayaran, baik itu transfer antar bank, kartu kredit, ataupun channel pembayaran pada mini market. Sedangkan dari segi layanan, untuk proses pemesanan tiket atau paket liburan juga lebih mudah, tanpa perlu keluar rumah.

Akuisisi Tiket.com, Blibli.com Menjajal Bisnis OTA

2 Terjun Ke Dunia Bisnis OTA, Blibli com Akuisisi Tiket com
source: blibli

Dilaporkan pada akhir tahun 2016 kemarin, Blibli.com telah meluncurkan produk yang dalam kategori travel online yakni Blibli Travel. Dalam ketegori online travel ini, Blibli.com menawarkan pejualan paket liburan serta produk travel lainnya. Sejak saat itulah bisnis travel berbasis online menjadi salah satu fokus terbesar Blibli.com, dalam pengembangan bisnisnya.

Target pasar yang menjanjikan dan jumlahnya yang tidak sedikit, menjadi acuan perusahaan e-commerce tersebut untuk menjajal bisnis OTA. Selain itu, minat pembelian produk-produk perjalan secara online, semakin menunjukan peningkatan dari waktu ke waktu.

Tiket.com memiliki track record yang terbilang bagus dalam segi bisnis. Hal itu dapat dilihat dari kiprahnya yang dalam waktu relatif singkat, tapi dapat menjadi Onlie Travel Agent terbesar di Indonesia. Berdasarkan visi dan misi yang sejalan, serta sama-sama berfokus terhadap kepuasan konsumen. Atas dasar itulah Blibli.com berminat untuk mengakuisisi Tiket.com, dengan harapan bisa mengembangkan produk travel milik Blibli.com.

Blibli.com dan Tiket.com dapat menjadi OTA terbesar di Indonesia

1 Terjun Ke Dunia Bisnis OTA, Blibli com Akuisisi Tiket com
source: annualreport

Berdasarkan catatan yang didapat oleh Blibli.com, Tiket.com sekarang menjadi travel agent berbasis online terbesar. Mereka memiliki inventaris terbesar untuk tiket kereta, tiket pesawat, voucher hotel dan bahkan paket perjalanan liburan. Perusahaan ini sudah bekerja sama dengan ribuan hotel di dalam dan luar negri, serta lebih dari 35 maskapai penerbangan domestik dan internasional.

Sedangkan untuk Blibli Travel sendiri yang baru beberapa bulan ini dikembangkan, sudah memiliki lebih dari 1000 jenis produk perjalanan. Termasuk juga di dalamnya penjualan voucher hotel, tiket hiburan dan lifestyle, serta tiket kereta api. Selain itu, Blibli.com juga menjalin kemitraan dengan banyak bank yang memiliki program cicilan 0 persen, dan mereka juga menyediakan beragam metode pembayaran.

Dengan adanya jalinan kerja sama yang dilakukan oleh Blibli.com dan Tiket.com, mereka optimis dapat menarik pasar yang lebih besar. Serta bisa menjadi pelaku bisnis OTA atau Online Travel Agent terbesar di Indonesia.