Teknobos
Tech in Touch
Frame vector created by Sapann-Design - Freepik.com

Panduan Belajar SEO Dengan Tips dan Trik Lengkap

Belajar SEO – Saat ini tentunya pemilik sebuah situs (sites) atau yang lebih familiar adalah blog, telah sangat ramai diminati.


Lalu? Mengapa bisa banyak orang berminat untuk membuat website? Bahkan ada sebuah perusahaan yang juga berfokus membuat website dengan biaya yang tidak murah.

Jawabannya adalah:

  1. Melengkapi Profil (Baik personal atau profesional)
  2. Hobi menulis (Curhat, berbagi Tips dan hal lainnya)
  3. Bisa mendapatkan uang (Adsense, Referal dan masih banyak lagi)

Dari 3 daftar diatas, tentunya masih banyak lagi alasan mengapa website dibuat dan diminati.

Apa itu SEO

Setelah sedikit pembahasan pada halaman ini, mari kita fokus dalam pembahasan Belajar SEO dengan optimal. Melihat pada heading yang kami berikan di paragraf ini, mungkin kamu bertanya-tanya Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang bisa diartikan secara luas namun lebih tepatnya adalah pengoptimalan sebuah konten di mesin pencari.

Apa itu Mesin Pencari

Mesin pencari disini yang kita kenal adalah sebuah situs atau aplikasi yang fokus untuk mencari berbagai pertanyaan. Mesin pencari dapat membantu semua orang dalam mencari banyak hal, yang mana hasilnya berupa sekumpulan artikel dengan penyesuaian kata kunci.

Mesin pencari yang banyak dikenal saat ini adalah:

  1. Google
  2. Bing
  3. Yahoo Search
  4. Duckduck Go
  5. Ask Search
  6. Geevv

Dari daftar mesin pencari diatas tentunya masih banyak lagi mesin pencari lainnya, namun disini kita akan lebih berfokus pada pengoptimalan Mesin Pencari Google.

Mungkin Kamu bertanya “Mengapa Google”?

Ya, karena mesin pencari Google masih menjadi Search Engine yang populer terutama di Indonesia, walaupun sekian persennya tidak semua menggunakan Google.

Kembali pada pertanyaan Mengapa Harus Google, jawabannya adalah: Google di percaya adalah mesin pencari terbaik, sebuah mesin pencari terlengkap yang dapat menjadi solusi para penggunanya.

Google memiliki segudang database website yang setiap harinya, setiap detiknya di jelajahi oleh Google. Ia juga memiliki algoritma yang sangat pintar dalam memilah sebuah website untuk layak atau tidaknya muncul dalam halaman pencariannya.

Seperti pada tangkapan layar dibawah ini, bahwasannya si mesin pencari tersebut dapat menyajikan konten mana yang lebih tepat di tampilkan pada halaman pertamanya.

mesin-pencari-google


Algoritma Google Search Result

Sebelum Kamu beranjak mendalami ilmu SEO, ada baiknya kamu mengetahui jenis Algoritma mesin pencari Google.

Berikut daftar artikel Algoritma Google:

Halaman ini akan terus diperbarui sesuai perkembangan Dunia Internet Marketing, jadi pantau terus ya untuk tutorial SEO di Teknobos.