5 Resiko Menggunakan Windows Bajakan

Dewasa ini ada cukup banyak pengguna komputer maupun laptop yang menggunakan Windows bajakan pada perangkat komputer mereka. Hal ini dikarenakan ada banyak penyedia software nakal, yang menyediakan sistem operasi Windows abal-abal alias bajakan.

Hal ini sengaja mereka lakukan demi mendapatkan keuntungan dari pengguna OS Windows bajakan. Karena penggunaan komputer dan laptop, semakin bertambah setiap harinya. Sehingga membuat permintan sistem operasi bajakan semakin meningkat, yang disebabkan oleh mahalnya harga Windows asli atau original.

Bila ditelusuri, pastinya ada banyak pihak perorangan yang menggunakan Windows bajakan pada komputer mereka. Namun untuk menelusuri dan mengetahuinya agak sulit, berbeda dengan pengguna berbasis perusahaan, yang bisa dengan mudah dilakukan razia Windows bajakan.

5 Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Pada dasarnya bila kita menggunakan Windows bajakan, tidak serta merta kita bisa menikmatinya dengan aman. Karena sistem operasi tersebut tidak memiliki jaminan atau garansi, dari pihak yang bertanggung jawab yakni Microsoft.

Resiko yang dapat ditimbulkan dari menggunakan Windows bajakan cukup beragam. Mulai dari membahayakan sistem komputer kita, dan bahkan bisa mendatangkan serangan virus.

Jadi ada baiknya kita simak 5 bahaya dan resiko, akibat menggunakan Windows bajakan:

1. Rentan terkena serangan virus dan malware

virus Menggunakan Windows Bajakan
source: blogspot

Bila komputer maupun laptop menggunakan Windows bajakan, pastinya akan rentan terserang virus dan malware. Karena sistem keamanannya sudah tidak memiliki jaminan lagi dari penyedia software. Kemungkinan yang paling buruk adalah, pada OS bajakan tersebut sudah disematkan virus ataupun malware.

2. Kinerja komputer menjadi kurang baik

kinerja komputer Menggunakan Windows Bajakan
source: blogspot

Akibat menginstal Windows bajakan, tentu dapat membuat kinerja komputer jadi kurang baik. Jika sistem operasi bukan merupakan Windows asli, kemungkinan besar komputer akan sering mengalami hang, dan kinerjanya jadi lemot. Yang lebih parah, komputer bisa mengalami restart ataupun mati sendiri, karena OS Windows bajakan tersebut.

3. Merusak dan menghilangkan data pada komputer

menghilangkan data Menggunakan Windows Bajakan
source: riphah

Bahaya menginstal sistem operasi Windows bajakan selanjutnya, dapat merusak ataupun menghilangkan data yang terdapat di komputer. Hal ini tentu saja disebabkan oleh virus yang besarang pada komputer, karena sistem keamanan Windows bajakan tidak akan mampu menangkal virus yang datang.

4. Tidak  dapat menerima upadate windows

update windows Menggunakan Windows Bajakan
source: windowscentral

Bila pada komputer kita terpasang Windows bajakan, tentu saja kita tidak bisa melakukan update Windows tersebut. Karena akibat menggunakan Windows bajakan, maka sistem operasi tersebut akan terdeteksi tidak original. Sehingga semua driver tidak dapat diperbarui, dan menyebabkan bug pada beberapa fitur ataupun program.

5. Tidak memiliki fitur pengamanan

sistem keamanan Menggunakan Windows Bajakan
source: pinimg

Bahaya menggunakan windows bajakan yang lainnya adalah, sistem tidak akan memiliki fitur pengamanan. Sehingga akan mudah terserang virus, dan yang lebih buruk bisa menjadi sasaran empuk bagi para peretas. Akibat menggunakan sistem operasi Windows palsu ini, sistem keamanan komputer tidak bisa bekerja secara optimal.

Itulah 5 bahaya dan resiko bila menggunakan windows bajakan pada komputer ataupun laptop. Menginstal Windows bajakan pada komputer juga cukup merepotkan, karena cara update Windows bajakan bisa dibilang cukup sulit. Sehingga semua driver yang ada pada sistem komputer kita tidak dapat diperbarui, dan tidak berfungsi secara maksimal.