Teknobos
Tech in Touch

5 Bahaya Menggunakan Smartphone Yang Sering Terabaikan

Handphone cerdas kini sangat digandrungi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa, remaja dan bahkan orang tua. Semakin berkembangnya jaman, ternyata ponsel pintar sudah tidak bisa dipisahkan dari genggaman tangan padahal bahaya menggunakan smartphone sudah terbukti jelas.

Bila kita analisa lebih dalam lagi, penggunaan Hp terlalu lama dapat menyebabkan berbagai jenis resiko yang ditimbulkan. Maka ada baiknya, kalian harus mengatur pola dan lebih bijak saat ingin mengoprasikan ponsel cerdas.

Bahaya Menggunakan Smartphone

Terdapat berbagai jenis bahaya dan resiko yang dapat di akibatkan jika terlalu sering menggunakan ponsel, namun inilah yang paling berdampak nyata dalam kehidupan sehari-hari:

1. Masalah Tulang Belakang

Seperti yang sudah kita ketahui, hampir sebagian orang memainkan smartphone sambil menundukan kepala. Hal semacam ini menyebabkan gangguan pada tulang belakang, misalnnya timbul rasa pegal dan nyeri yang membuat tulang leher serta pinggul kaku.

bahaya-saat-menggunakan-smartphone

Apabila kalian tidak mengurangi kebiasaan tersebut maka akan menyebabkan bungkuk, nah solusi satu-satunnya untuk menghindari hal semacam itu yaitu dengan tidak terlalu menunduk saat mengoprasikan ponsel cerdas.

2. Mengakibatkan Insomnia

Cahaya dari layar smartphone ternyata dapat mengeluarkan radiasi sinar biru yang menyebabkan mata cepat terasa lelah, bahkan yang lebih parahnya yaitu menimbulkan rasa gelisah. Apabila sudah begitu, maka langkah pertama adalah mengistirahatkan mata.

akibat-menggunkan-smartphone

Apa kalian tau? dampak nyata dari rasa gelisah yaitu membuat kalian insomnia. Alangkah baiknya, kalian tidak mengoprasikan smartphone terlalu lama jika benar-benar tidak ingin merasakan akibatnnya. Lebih bijaknya, maka pakailah ponsel seperlunnya saja.

3. Mata Terasa Tegang

Ketika sedang asik-asiknya bermain smartphone, kita sering sekali terbawa suasana dan bahkan lupa untuk mengistirahatkan mata sejenak. Apabila terus menerus memaksakan mata untuk menatap layar ponsel, maka akibat yang ditimbulkan yaitu mata terasa lelah serta tegang.

pengaruh-penggunaan-smartphone

Berhati-hatilah ketika terlalu lama memandangi layar pada Hp, karena dapat menimbulkan menurunnya daya pandang dan penghilatan mata.

4. Menimbulkan Penuaan

bahaya-mengoprasikan-smartphone

Setelah mendalami bahaya menggunakan smartphone, ahli penyakit kulit menyimpulkan jika terlalu lama menggunakan Hp menyebabkan penuaan dini. Efek yang paling logis yaitu membuat kulit leher dan rahang melorot sehingga muncul sebuah kerutan.

5. Menjauhkan Lingkungan Sekitar

Selain pengaruh efek negative pada tubuh seperti diatas, ternyata bahaya mengoprasikan smartphone juga dapat menimbulkan kesepian. Lebih parahnnya lagi, kalian akan melupakan lingkungan sekitar sehingga yang dekat menjadi jauh dan yang jauh menjadi dekat.

efek-mengoprasikan-smartphone

Melakukan sosialisasi itu sangat diperlukan, semata-mata untuk menjalin silahturahmi antar lingkungan sekitar.

itulah efek serta bahaya menggunakan smartphone yang sudah terbukti jelas akibatnya, semoga saja dengan adanya pembahasan semacam ini kalian akan lebih bijak dalam memakai ponsel cerdas di dalam kehidupan sehari-hari.

Tips-Melindungi-Mata-Dari-Radiasi-Smartphone
Baca juga:
Jitu!! 10 Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Smartphone Berlebih