Teknobos
Tech in Touch

Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot

Ingin tahu cara mempercepat Windows 10 yang lemot? Kalau kamu pernah merasakan memakai komputer yang lemot, tentunya bertanya- tanya, ada nggak sih cara mengatasinya. Windows 10 yang lemot bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti spesifikasi dan versi perangkat yang lama atau masalah bloatware dan program yang terinstal di PC kamu terlalu banyak.

Cara mempercepat windows 10 yang lemot - Tips

Tips dan Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat Windows 10 yang lemot. Simak tips-tips berikut ini:

  1. Mengurangi efek visual

Seperti yang telah kita ketahui, windows memakai banyak visual effect. Visual efek ternyata bisa berperan sebagai penyebab lemotnya windows 10 di PC kamu. Bagaimana caranya?

  • Tekan Windows Key+x atau bisa juga dengan mengklik kanan tombol start lalu pilih system.

  • Klik anvanced system settings di bawah performance.

  • Pilihlah Adjust for best performance atau pilih Custom sehingga efek-efek yang sekiranya memberatkan akan dinonaktifkan.

  1. Lakukan Scanning pada Windows 10

Scanning sangat diperlukan sebagai salah satu cara mempercepat Windows 10 yang lemot. Bisa jadi PC mu terkena serangan malware ataupun adware. Gunakan antivirus atau bisa juga semacam Malwarebytes untuk memeriksa ada atau tidaknya malware dan adware.

  1. Menghapus File-file yang tidak diperlukan

Hardisk yang terlalu penuh dapat menyebabkan Windows 10 berjalan lambat. Sebaiknya cek ruang penyimpanan dalam PC atau laptopmu dan masih seberapa kapasitas yang tersisa dalam ruang penyimpanan PC. Kamu bisa mendefragment hardisk bila dirasa file-file yang sudah tidak diperlukan memenuhi hardisk PC mu.

  1. Uninstall Program yang Sudah Tidak Digunakan

Caranya adalah dengan membuka Control Panel, kemudian kamu bisa menguninstal program yang sudah tidak diperlukan dari sana.

  1. Dengan Reset Windows 10

Apabila cara-cara tersebut di atas sudah tidak mempan lagi, maka kamu bisa mereset Windows. Hal ini akan menyebabkan Windows 10 di PC mu akan baru lagi seperti

Baca juga trik komputer lainnya.