Apple: Semua Bisa Membuat Robot Dengan Swift Playgrounds

Swift Playgrounds – Dalam keseharian, kita sering melihat benda-benda robotik yang dapat beroperasi sendiri. Lampu lalu lintas, portal parkir otomatis, kereta listrik, dan berbagai macam mesin lainnya, semua itu menggunakan kode pemrograman. Kode tersebut digunakan agar dapat membuat semua benda itu beroperasi secara otomatis, melalui sebuah perintah programan.

Bagi orang yang sudah pernah mempelajari pemrograman sekali pun, akan menjadi sebuah tantangan jika harus beralih dari perangkat lunak ke perangkat keras. Bahkan jika tantangan tersebut hanya sekedar untuk mencari tahu, bagaimana cara memulainya.

Bagaimana kita bisa memprogram sesuatu yang dapat menjadi nyata? Bagaimana caranya agar kita bisa membangun sesuatu yang dapat bergerak?

Swift Playgrounds Memudahkan Kita Membuat Robot Bergerak

Apple Semua Bisa Membuat Robot Dengan Swift Playgrounds 1
source: imore

Apple telah mengambil langkah untuk bisa mengatasi masalah tersebut, dengan menggunakan perangkat keras pihak ketiga. Perusahaan teknologi tersebut akan membawa pikiran robot, drone, dan alat musik kedalam sebuah platform bernama Swift Playgrounds.

Mungkin nama platform ini masih agak asing, karena perangkat tersebut baru diperkenalkan sekitar satu tahun yang lalu. Swift Playgrounds sendiri adalah aplikasi iPad yang dibuat oleh Apple, untuk mengajarkan semua orang (bukan hanya anak-anak saja) agar dapat mempelajari kode pemrograman robot.

Dalam satu tampilan aplikasi, akan menampilkan dua buah layar. Pada layar yang pertama, pengguna dapat menuliskan kode pemrograman. Sedangkan pada layar lainnya, menjadi simulator dari semua kode yang dituliskan tadi. Meskipun secara nyata, pemrograman robot terasa lebih rumit jika dilihat dari balik layar. Tapi dengan aplikasi ini, semua itu bisa jadi lebih menyenangkan.

Swift Playgrounds sudah banyak digunakan oleh pengembang robot

Apple Semua Bisa Membuat Robot Dengan Swift Playgrounds
source: staticworld

Sekitar satu juta orang bahkan lebih, telah menggunakan Swift Playgrounds sejak pertama kali aplikasi ini diluncurkan. Saat ini Apple akan berusaha untuk membawa perangkat keras tersebut, kepada kalangan yang lebih luas dan bahkan lintas generasi. Perkumpulan pengembang yang telah diikuti oleh Playgrounds antara lain:

  • LEGO’s DIY robotics line – Mindstorms
  • Sphero’s rolling robots
  • Wonder Workshop’s Dash robot
  • The Skoog
  • UBTECH’s MeeBot kit

Tim pengembang tersebut sudah menggunakan Swift Playgrounds, sejak pertama kali Apple membuka pembuatan konten Playgrounds, kepada pengembang pihak ketiga. Seperti Workshop Wonder yang sudah disebutkan di atas, sebelumnya telah menawarkan pelajaran Swift Playgrounds untuk beberapa bulan dari sekarang.

Apple juga memaksimalkan fitur integrasinya secara resmi, agar dapat menghubungkan perangkat bluetooth pihak ketiga dengan Swift Playgrounds. Selain itu nantinya Apple juga akan memberikan dukungan perangkat lainnya terhadap aplikasi tersebut.