Aplikasi Populer Android yang Harus Dihindari

22

TeknobosAplikasi Populer Android yang Harus Dihindari – Beberapa aplikasi Android itu seperti teman, awalnya mereka mengatakan akan membantu atau menghibur Anda, tetapi pada kenyataannya, pada akhirnya mereka hanya ingin menyakiti Anda. Play Store, rumah bagi jutaan aplikasi Android, sering dikritik karena metodenya yang kurang tegas dalam memfilter konten yang tidak aman.

Aplikasi Populer Android yang Harus Dihindari

Oleh karena itu, jika Anda tidak berhati-hati, ponsel anda dapat dibobol dan data penting di dalamnya dapat dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut dan sebagai langkah preventif, anda harus menghindari 3 aplikasi populer di Android berikut ini.

1. ES File Explorer

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi pengelola file terbaik dan terpopuler dengan jumlah unduhan yang sangat besar. Namun, sebaiknya tidak mengunduh aplikasi ini. Versi gratis ES penuh dengan bloatware dan adware. Mereka terus-menerus meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi lain melalui pemberitahuan pop-up yang tidak dapat dinonaktifkan.

Lebih buruk lagi, pada April 2019, ES “dikeluarkan” oleh Play Store karena mempraktikkan praktik mengklik iklan secara otomatis di perangkat pengguna tanpa sepengetahuan pengguna. Meskipun telah menghilang, lebih baik hindari aplikasi yang serupa dan gunakan aplikasi yang lebih aman seperti “Files” by Google.

2. QuickPic Gallery

Sebelum diakuisisi oleh Cheetah Mobile pada tahun 2015, QuickPic Gallery digunakan oleh banyak orang sebagai aplikasi studio foto favorit mereka. Namun kini, QuickPic telah menjadi aplikasi berbahaya, terutama setelah pengguna Google Plus mengetahui bahwa QuickPic mulai mengunduh data pengguna dari server perusahaan.

Di akhir tahun 2018, QuickPic dihapus dari Play Store, dan akhirnya dikembalikan pada tahun 2019. Saat ini terdapat banyak aplikasi bernama QuickPic di Play Store, sehingga sulit untuk mencari aplikasi mana yang sebenarnya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah tidak memasang aplikasi bernama QuickPic, tetapi menggunakan aplikasi yang lebih andal, seperti “Photos” dari Google.

3. CLEANit

Karena popularitasnya, aplikasi CLEANit-Junk File Cleaner telah diunduh 10 juta kali dan menerima 85% dari 4 atau 5 ulasan bintang, tetapi, seperti ES File Explorer dan QuickPic Gallery, Anda juga harus hindari aplikasi ini. Mengapa? Karena sebagian besar konten promosi pada dasarnya merugikan pengguna.

Beberapa contoh seperti membersihkan cache hanya akan memperlambat ponsel Anda, terutama saat Anda membuka kembali aplikasi tertentu. Membersihkan RAM hanya akan meningkatkan konsumsi baterai, dan menutup aplikasi yang sedang berjalan tidak akan benar-benar menghemat baterai ponsel. Gunakan Greenify sebagai opsi yang lebih baik.

Baca juga : Kriteria Kualitas MicroSD yang Perlu Diperhatikan