Teknobos
Tech in Touch

Ilmuan Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Sperma Untuk Smartphone

Smartphone pada era modern seperti sekarang ini telah mengalami banyak evolusi, hal tersebut ditandai dari banyaknya fitur canggih unggulan. Fungsi ponsel pintar yang multiguna, membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan.

Banyaknya handphone cerdas berbasiskan android, membuat para pengembang aplikasi berloma-lomba menciptakan sebuah program terbaik. Salah satu aplikasi bermanfaat mengenai kesehatan, yakni pendeteksi sperma.

Aplikasi Pendeteksi Sperma

Belum lama ini, para ilmuan dari Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital tengah mengembangkan aplikasi pendeteksi sperma.

Tujuan dibuatnya program tersebut, bukan lain dan bukan tidak untuk menganalisa kesehatan kualitas air mani dan jumlah sperma yang dihasilkan.

aplikasi-pendeteksi-sperma

Perangkat pendeteksi sperma memiliki lampu LED dan lensa yang diambil dari driver CD atau DVD. Selain itu, mereka juga memasang microchip sekali pakai sebagai penampung sempel air mani.

Setelah sempel dimasukan, kemudian alat tersebut dipasang ke lensa kamera smartphone. Dalam hal ini, para ilmuan mengujinya pada Motorola Moto X dengan OS v.6.0.

Aplikasi pendeteksi sperma lalu akan mencatat serangkaian video yang digunakan untuk menganalisa pergerakan sperma menggunakan algoritme pendeteksi gambar.

aplikasi-pendeteksi-sperma

“Ada evolusi test untuk kaum wanita, namun sejauh ini tidak ada yang untuk laki-laki. Dengan mengoprasikan perangkat ini di rumah, seorang pria dapat menghindari rasa malu dan stres memberikan sampel ke dokter.” -Hadi Shafiee, selaku asisten profesor kedokteran Harvard.

Menurut New York Times, total biaya bahan pembuatan kurang dari $US5, termaksud $US3.59 untuk optical attachment dan 86 sen untuk chip yang memegang sempel air mani.

Para ilmuan sengaja menciptakan alat pendeteksi sperma dengan harga murah dan dapat diakses ke smartphone, hal semacam itu semata-mata untuk menjangkau semua negara terutama Afrika yang terkenal sangat sulit untuk diakses layanan medis.

Bagaimana pendapat kalian mengenai aplikasi yang dapat mendeteksi sperma ini, selain pendeteksi air mani ternyata juga terdapat banyak aplikasi kesehatan untuk membantu resolusi 2017.