Aplikasi Mobile Panin, Transaksi Perbankan Jadi Lebih Mudah

Aplikasi Mobile Panin adalah sebuah aplikasi berbasis mobile, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan. Aplikasi ini adalah salah satu produk perbankan dari bank Panin, layanan ini mereka buat, untuk memberikan kemudahan kepada para nasabahnya.

Semakin majunya perkembangan zaman saat ini, membuat teknologi perbankan juga ikut berkembang. Bank-bank swasta ataupun BUMN saat ini sudah banyak yang memanfaatkan internet, untuk memudahkan pelayanan mereka. Salah satu bank swasta yang juga tidak ingin ketinggalan adalah bank Panin, mereka juga memiliki layanan yang disebut e-banking dan mobile banking.

Layanan yang terintegrasi dengan internet seperti itu, tentu dapat memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi. Karena dimanapun mereka berada, bila masih terhubung dengan internet, maka mereka masih bisa melakukan transaksi perbankan.

Aplikasi Mobile Panin

Dewasa ini layanan mobile banking memang sangat dibutuhkan, karena mayoritas masyarakat saat ini adalah pengguna aktif smartphone. Jadi mereka lebih memilih menggunakan ponsel android untuk bertransaksi, dibanding harus datang langsung ke bank.

Selain lebih cepat, transaksi perbankan melalui aplikasi mobile Panin akan lebih nyaman, karena akses aplikasi ini juga menggunakan PIN. Jadi tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi mobile banking tersebut, atau bahkan membajak akun rekening kita.

Aplikasi-Mobile-Panin
source: Play Store

Serupa dengan layanan ATM, bila kita tiga kali salah memasukan username dan password untuk masuk ke aplikasi ini, maka layanan mobile Panin kita akan diblokir sementara. Jika kita ingin membuka blokir tersebut, maka kita harus datang ke kantor cabang pembukaan rekening, dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan.

Sistem keamanan dari aplikasi ini juga sudah memenuhi standar dari pihak berwenang, agar nasabah merasa aman menggunakan layanan mobile Panin. Bahkan bila kita menggunakan smartphone yang sudah dilakukan root, maka aplikasi ini akan memberikan peringatan bahaya keamanan pada kita.

Smartphone yang sudah diroot memang rawan jadi sasaran peretasan serta pencurian data, dan ini merupakan salah satu efek negatif root android. Jadi sistem operasi yang sudah diroot, maka keamanannya sudah terbuka, dan peretas bisa dengan mudah masuk, serta mencuri data finansial kita.

Fitur pada Mobile Panin

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan para nasabah, untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan.

  • Kita bisa mengatur 6-digit PIN untuk masuk ke dalam aplikasi, sehingga transaksi jadi lebih aman.
  • Cek saldo.
  • Transfer secara real time.
  • Transfer dengan mata uang berbeda (hingga 10 mata uang).
  • Membeli pulsa.
  • Bayar tagihan.
  • Transfer dan bayar tagihan secara terjadwal.
  • Mencari ATM dan cabang bank Panin terdekat.
  • Melihat kurs mata uang terkini.

Persayaratan sistem

Untuk bisa menginstal aplikasi ini ke dalam smartphone kita, ada beberapa persyaratan sistem yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Sistem operasi minimal android versi 2.1 atau yang lebih tinggi.
  2. OS android juga tidak boleh diroot.
  3. RAM minimal 1GB.
  4. Tersedia ruang penyimpanan setidaknya 20MB.

Yang perlu diketahui adalah, aplikasi ini diperuntukan khusus bagi nasabah bank Panin saja. Jadi bagi nasabah yang ingin mendapatkan layanan Mobile Panin, bisa segera mengunjungi kantor cabang pembukaan rekening. Apabila kamu adalah nasabah bank BRI, kamu bisa cek aplikasi Mobile BRI, atau aplikasi Mandiri Online bagi kamu nasabah bank Mandiri.