Aplikasi Matakota: Buatan Anak Surabaya Yang Mampu Melaporkan Bencana

Smartphone saat ini  telah mengalami berbagai macam evolusi, hal tersebut dapat kita tandai dari banyaknya fitur canggih yang dihadirkan. Beredarnya ponsel pintar berbasiskan android, membuat para pengembang menciptakan sebuah program bermanfaat, salah satunya seperti aplikasi Matakota.

Telah kita ketahui sebelumnya, fungsi handphone yang serba multiguna membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Nah, dengan menggunakan Hp kita dapat melakukan banyak aktifitas bahkan melakukan hal bermanfaat.

Aplikasi Matakota

Belum lama ini, sekumpulan anak-anak dari Surabaya menciptakan sebuah aplikasi canggih dan berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Menariknya, aplikasi Matakota berbentuk macamnya sebuah media sosial yang berfungsi sebagai tempat melaporkan peristiwa.

Aplikasi tersebut penyediakan panic button, sehingga apabila terjadai keadaan darurat instansi yang bersangkutan dapat segera merespon cepat.

aplikasi-matakota

 “Matakota memiliki lima fitur pelaporan, diantaranya yaitu lalu lintas, bencana alam, kriminal, kebakaran, dan sosial.” – Ujar Tony Susanto (Pendiri Matakota)

Kedepanya, Matakota akan bekerjasama dengan pemerintah kota, kepolisian, rumah sakit, pemadam kebakaran, tim SAR dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demi terhindar dari sebuah berita palsu atau hoax, panic button hanya dapat digunakan oleh pengguna yang sudah terverifikasi NIK-nya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sebagai bonus, Matakota juga menyediakan pelacakan barang hilang atau dicuri dengan memanfaatkan kecanggihan bluetooth dan GPS.

Bagaimana menurut kalian mengenai pembahasan diatas, sangat bermanfaat sekali bukan untuk masyarakat. Sepertinya, aplikasi Matakota tidak jauh berbeda seperti aplikasi Qlue yang terdapat di ibu kota Jakarta.