5 Ciri Aplikasi Yang Bisa Membawa Malware Pada Android

Malware memang sangat berbahaya bagi perangkat android, karena dapat merusak sistem dari perangkat smartphone tersebut. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menyematkan salah satu jenis virus ini pada aplikasi android, ketika pengguna smartphone menginstal aplikasi tersebut maka secara otomatis malware akan bersarang di sistem android pengguna itu. Untuk itu TeknoBos akan memberitahukan ciri-ciri aplikasi yang bisa membawa malware pada android.

5 Ciri Aplikasi Yang Bisa Membawa Malware Pada Android

Memang banyak sekali aplikasi android yang bisa kita temui di Play Store, ataupun dari mesin pencarian Google. Bahkan aplikasi ternama sekalipun bisa disematkan virus ini, dengan cara mereka mengoprek terlebih dahulu aplikasi originalnya, untuk kemudian memasukan malware ke dalam aplikasi tersebut. Untuk itulah kali ini kita akan bahas ciri-ciri dari aplikasi pembawa malware, yang bisa merusak sistem android.

1.Tidak tersedia di Google Play Store

tidak-tersedia-di-play-store

Ciri yang pertama dari aplikasi pembawa malware adalah, aplikasi tersebut tidak tersedia di Google Play Store. Karena bagi developer yang ingin mempublish aplikasi buatan mereka ke Play Store, harus memenuhi persyaratan tertentu dari pihak Google. Oleh karena itu jangan pernah mendownload aplikasi selain dari Play Store, karena keamaan dari aplikasi itu masih dipertanyakan.

2.Deskripsi aplikasinya tidak jelas

deskripsi-tidak-jelas

Ciri yang kedua dari aplikasi yang mengandung malware adalah, pada deskripsinya yang tidak jelas. Karena sebagai developer yang baik, seharusnya dia menyertakan deskripsi dari aplikasi yang dia buat. Bila kamu menemukan aplikasi dengan deskripsi hanya berupa beberapa potong kata saja, sebaiknya jangan didownload dan cari lagi aplikasi serupa lainnya yang memiliki deskripsi lebih jelas.

3.Permintaan akses mencurigakan

permintaan-akses-mencurigakan

Ketika akan mendownload dan menginstal sebuah aplikasi, sebelumnya pasti kamu disuguhkan kotak dialog yang berisi permintaan akses pada sistem android milikmu. Kamu bisa membaca terlebih dahulu permintaan akses tersebut dengan seksama, bila permintaan itu dirasa masih wajar baru kamu lanjutkan instalasinya.

4.Total download dan ulasan pengguna

total-download

Ciri lainnya dari aplikasi pembawa malware adalah, jumlah downloadnya yang terlalu sedikit. Kamu juga bisa membaca ulasan dari orang lain yang sudah lebih dahulu menginstal aplikasi tersebut. Jika total orang yang mendownload aplikasi itu sangat sedikit, bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan aplikasi itu. Jadi gunakanlah aplikasi yang sudah memiliki jumlah download cukup banyak, serta memiliki ulasan positif dari pengguna lainnya.

5.Memaksa meminta akses admin

meminta-akses-admin

Ciri terakhir dari aplikasi yang bisa membawa malware yaitu, adanya permintaan yang memaksa untuk masuk ke dalam sistem administrator. Jadi apabila ada aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan sistem administrator, tapi justru meminta akses tersebut lebih baik jangan diizinkan. Sebagai contoh jika ada aplikasi kamera atau photo editor meminta akses ke administrator, berarti aplikasi itu patut dicurigakan mengandung malware.

Itulah 5 ciri dari aplikasi android yang bisa membawa malware pada android yang harus kamu ketahui. Jadi sebelum kamu menginstal aplikasi baik itu dari Play Store ataupun dari mesin pencarian Google, pastikan dulu deskripsinya jelas dan ulasannya juga banyak yang megandung konten positif. Untuk meminimalisir masuknya malware ke dalam sistem android kamu, usahakan jangan mendownload aplikasi selain dari Play Store.

You might also like More from author

Comments