5 Aplikasi Launcher Terbaik, Paling Ringan Untuk Android

Tampilan UI smartphone memang perlu diperbarui agar tidak menimbulkan kebosanan bagi kita sebagai penggunanya. Banyak cara untuk membuat tampilan ponsel jadi lebih menarik, dan tentu saja agar tidak membosankan. Kita bisa memasang wallpapper HD yang keren, atau mengganti icon pack dengan yang lebih bagus. Selain itu kita juga bisa menggunakan 5 aplikasi launcher terbaik dan ringan di bawah ini.

Aplikasi launcher yang ada di bawah ini merupakan, launcher android terbaik, paling ringan dan hemat daya baterai. Karena kesemua launcher ini memiliki ukuran yang kecil, dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi launcher terbaik untuk android ini juga sangat mudah digunakan, serta tidak akan memberatkan kinerja RAM.

Berbeda dengan aplikasi launcher lainnya, yang memiliki ukuran cukup besar dan agak berat bila dipasang pada smartphone dengan RAM kecil. Dengan aplikasi launcher android keren ini, kita dapat merubah tampilan smartphone tanpa root. Jadi kita bisa mempercantik tampilan UI ponsel tanpa perlu khawatir akan terjadi kerusakan sistem karena root.

5 Aplikasi Launcher Terbaik Untuk Android

Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi launcher yang bisa kita unduh dari Play Store, yang juga bisa membuat tampilan hp kita jadi makin bagus. Tapi sayangnya kebanyakan dari aplikasi launcher itu, memiliki ukuran yang besar dan memakan kinerja RAM yang terlalu berat. Bila dari kamu ada yang sedang mencari aplikasi launcher terbaik, 5 launcher ini bisa menjadi referensi.

1. Smart Launcher

smart-launcher-aplikasi-launcher-terbaik

Smart Launcher merupakan aplikasi launcher yang pailng ringan karena ukurannya hanya 3.8 MB, jadi tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan. Pada aplikasi launcher ini kita bisa menikmati beragam fitur yang bisa membuat tampilan smartphone jadi semakin keren.

Launcher pintar ini menyediakan banyak wallpapper HD, icon pack, serta tema untuk launcher itu sendiri. Selain itu, launcher ini juga memiliki fitur gestur yang bisa kita gunakan untuk membuat shortcut aplikasi. Yang menarik dari Smart Launcher adalah desain yang simpel, dan semua aplikasi sudah disusun berdasarkan kategori sesuai abjad.

2. Atom Launcher

atom-launcher-aplikasi-launcher-terbaik

Aplikasi launcher lainnya yang bisa kita pasang di smartphone kita adalah Atom Launcher. Dengan menggunakan launcher ini kita bisa merubah tampilan ponsel jadi lebih elegan, karena tema yang disediakan juga terkesan elegan. Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar hanya 6.3MB, sehingga tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan.

Fitur yang disediakan Atom Launcher antara lain Theme maker, yang memungkinkan kita untuk membuat tema sendiri menggunakan foto pribadi. Terdapat juga beragam widget dengan desain elegan dan simpel, yang bisa kita tambahkan di home screen.

3. Apus Launcher

apus-launcheraplikasi-launcher-terbaik

Apus Launcher juga bisa kita manfaatkan untuk memperindah tampilan ponsel kita, dan ukuran launcher ini tidak terlalu besar yakni hanya 7.6MB. Jadi idak akan terlalu memakan banyak ruang penyimpanan, serta tidak terlalu memberatkan kinerja RAM.

Fitur yang dimiliki launcher ini juga cukup banyak, seperti pilihan tema yang beragam, tersedia wallpapper HD, serta pilihan tema menarik yang bisa diunduh. Untuk layarnya sendiri juga hadir beberapa model transisi, yang memberikan efek 3D pada UI ponsel kita. Yang unik dari launcher ini, tersedia fitur boost RAM, yang bisa mempercepat kinerja RAM.

4. Zero Launcher

zero-launcher-aplikasi-launcher-terbaik

Zero Launcher juga bisa membuat tampilan UI ponsel android kita jadi semakin bagus. Pastinya aplikasi launcher ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, yakni hanya 5.7MB. Dengan ukuran sekecil itu, tentu saja tidak akan memakan banyak memori penyimpanan, dan kapasitas RAM yang digunakan juga tidak terlalu besar.

Meskipun desain launcher ini cukup simpel dan sederhana, tapi tidak mengurangi fitur yang dimilikinya. Karena launcher ini memiliki bergam fitur keren, seperti wallpapper HD, icon pack, serta beragam tema yang bisa kita download. Selain itu juga terdapat fitur gestur yang bisa digunakan untuk membuat shortcut aplikasi, serta RAM booster untuk membebaskan kinerja RAM.

5. Nova Launcher

nova-launcher-aplikasi-launcher-terbaik

Launcher terakhir yang juga bisa merubah tampilan android tanpa root adalah Nova Launcher, ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar hanya 5.3MB. Berbekal ukuran yang cukup kecil itu, kita bisa memasang launcher ini meskipun pada smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil.

Fitur yang hadir di dalam launcher ini cukup beragam, seperti wallpapper yang menarik, dan icon pack yang bagus. Tersedia juga fitur gestur untuk membuat shortcut aplikasi, atau aktifitas lainnya. Kita juga bisa menyusun aplikasi dan folder berdasarkan kategorinya.

Itulah 5 aplikasi launcher untuk android yang bisa kita gunakan, untuk membuat tampilan smartphone jadi lebih keren tanpa root. Yang pastinya kesemuanya termasuk aplikasi launcher berukuran kecil, paling ringan dan hemat baterai.