Aplikasi KAI Access, Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api

Sekarang bagi para pengguna smartphone tidak perlu repot mengantri di stasiun, untuk sekedar bisa mendapatkan tiket kereta api. Sebab PT. KAI sudah mengeluarkan aplikasi KAI Access, agar calon penumpang bisa memesan tiket kereta dengan mudah dan cepat dari ponselnya.

KAI Access sendiri merupakan aplikasi hasil pengembangan PT. Kereta Api Indonesia, sementara untuk total unduhnya sudah mecapai 5.000.000 kali didownload oleh para penggguna smartphone. Aplikasi buatan KAI ini juga menjadi favorit bagi calon penumpang, untuk mencari dan memesan tiket kereta api.

Cara Pesan Tiket Kereta Melalui Aplikasi KAI Access

Aplikasi ini dapat berjalan pada platform android, IOS dan juga windows phone, yang bisa diunduh secara gratis melalui Play Store ataupun Apps Store. Calon penumpang hanya perlu menentukan tanggal keberangkatan, stasiun keberangkatan dan tujuan, lalu aplikasi akan menampilkan jadwal kereta yang sesuai dengan permintaan calon penumpang.

Bila sudah menemukan kereta dengan jadwal yang diinginkan, nantinya calon penumpang akan diminta melengkapi data pribadi. Setelah semua data tersisi sesuai KTP dan tiket telah diboking, maka calon penumpang akan diminta melakukan pembayaran tiket melalui channel pembayaran yang sudah ditentukan.

cara-pesan-tiket-kai-access

Jika tidak dilakukan pembayaran dalam waktu 2 jam, maka sistem akan secara otomatis membatalkan pesanan yang tadi telah dibuat oleh calon penumpang. Apabila pembayaran sudah dilakukan, nantinya kita tinggal mencetak boarding pass di stasiun keberangkatan.

Saat ini pihak PT. KAI sudah menyediakan mesin cek-in mandiri di semua stasiun. Jadi calon penumpang tinggal memasukan kode pemesanan pada mesin tersebut, kemudian boarding pass akan otomatis dicetak oleh mesin tersebut.

Fitur yang dimiliki KAI Access

  • Jadwal: Berguna untuk melihat jadwal kereta.
  • Pesan Tiket: Digunakan untuk melakukan pemesanan tiket kereta api.
  • Riwayat: Fitur ini berguna untuk melihat riwayat pemesanan tiket yang pernah kita lakukan sebelumnya.
  • Cek Boking: Pada fitur ini kita dapat memeriksa status tiket yang sudah kita boking.
  • Peta Lokasi: Memungkinkan kita melihat lokasi stasiun kereta api.
  • Profil: Berisi data diri dari calon penumpang, yang sbelumnya sudah didaftarkan.
  • Berita: Fitur ini terdapat berita terkini seputar perkereta apian Indonesia, dan promo yang ditawarkan oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia.

pesan-tiket-kai-access

Kelebihan dari aplikasi KAI Access adalah, pada menu profil kita bisa memasukan hingga 4 data diri calon penumpang. Apabila 4 data diri tersebut sudah pernah diisikan, maka untuk memesan tiket dikemudian hari, kita tidak perlu mengisi ulang data diri dari penumpang tersebut.

Melaui aplikasi ini kita juga bisa milih kursi mana yang kita inginkan, selama kursi yang kita tuju masih kosong. Jadi bagi kamu yang ingin memesan tiket lebaran tahun ini, maka bisa menggunakan KAI Access dari smartphone kamu agar lebih cepat.