Aplikasi Google Drive, Back-Up File Pada Smartphone Secara Online

Aplikasi Google Drive – Layanan penyimpanan cloud, saat ini memang cukup banyak ditawarkan  oleh para penyedia layanan tersebut. Karena media penyimpanan file berbasis online ini cukup aman, untuk memback-up data-data penting kita yang ada pada smartphone.

Selain itu bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, nantinya kita bisa mengakses data kita melalui perangkat lainnya. Berbeda dengan media penyimpanan fisik, bila kita ingin mengakses data tersebut, harus menggunakan perangkat penyimpanan itu.

Aplikasi Google Drive

Google memiliki layanan penyimpanan berbasis cloud yang disebut Google Drive, bagi para pemilik akun Gmail bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Dalam layanan gratis, kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15GB. Tapi jika kita menginginkan kapasitas ruang yang lebih besar, kita bisa membayar biaya berlangganannya.

Biaya yang harus kita keluarkan adalah $1.99/bulan untuk kapasitas ruang penyimpanan sebesar 100GB, atau $9.99/bulan untuk kapasitas ruang mencapai 1TB. Selain melalui website, kita juga bisa mengakses layanan ini melalui smartphone, tentunya dengan menggunakan aplikasi android milik Google Drive.

Aplikasi android ini bisa kita download secara gratis dari Play Store, tapi untuk menggunakannya kita harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Itulah kelebihan akun Google, dengan satu akun, kita bisa mengakses beragam layanan dari Google, seperti Gmail, YouTube dan Google Drive. Jadi kita tidak perlu repot-repot mendaftar ulang lagi untuk menggunakan layanan Google lainnya.

aplikasi-google-drive
source: play store

Fitur di dalam aplikasi Google Drive

Fitur yang ada di dalam aplikasi ini cukup beragam, sehingga kita bisa memback-up file-file dari smartphone kita, dalam format apa saja. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi android Google Drive antara lain:

  • Dapat menyimpan file dengan aman dan bisa diakses dari mana saja.
  • Kita bisa menelusuri file berdasarkan nama dan konten.
  • Pengguna juga dapat dengan mudah membagikan file dan folder kepada pengguna lainnya.
  • Bisa dengan cepat melihat konten milik kita.
  • Mengatur level akses untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat, mengomentari, atau mengedit konten milik kita.
  • Pengguna dapat dengan cepat mengakses file terbaru.
  • Terdapat fitur untuk melihat detail dan aktivitas file.
  • Mengaktifkan penampilan file secara offline atau tanpa menggunakan akses internet.
  • Kita juga bisa menggunakan kamera ponsel untuk memindai dokumen kertas, untuk kemudian disimpan ke dalam Google Drive.
  • Selain itu kita juga dapat mengakses foto serta video melalui aplikasi Google Foto.

Itulah sedikit penjelasan seputar Aplikasi Google Drive, yang merupakan aplikasi android untuk layanan cloud storage milik Google. Jadi kita bisa membuat back-up file pada smartphone, dan menyimpannya ke dalam media penyimpanan cloud.

Bila di antara kamu masih ada yang belum paham tentang layanan penyimpanan cloud, kamu bisa baca artikel mengenal media penyimpanan cloud. Kamu juga tidak perlu ragu menggunakan layanan cloud storage, karena media penyimpanan cloud sudah cukup aman.

Selain Google Drive, ada juga layanan cloud storage gratis lainnya yang bisa kita gunakan, seperti Dropbox, OneDrive, MediaFire, dan Box. Namun masing-masing layanan penyimpanan cloud itu memilliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.