Menemukan Hp Hilang Dengan Aplikasi Find My Device

Find My Device – Hp hilang, terjatuh dari motor, atau tertinggal di tempat umum? Pasti banyak pengguna ponsel android yang pernah mengalami hal semacam itu. Bila kehilangan hp di tempat umum memang agak sulit untuk mencarinya kembali. Terlebih lagi bila kita lupa, dimana lokasi terakhir smartphone kita hilang atau terjatuh, pastinya pencarian yang harus dilakukan jadi lebih sulit.

Pada smartphone android ada banyak fitur-fitur yang memiliki fungsi beragam. Misalnya fitur GPS yang bisa dimanfaatkan untuk melacak posisi hp yang hilang di tempat umum. Selain itu juga ada fitur pengunci layar, yang memungkinkan layar ponsel tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Dari beberapa fitur yang dimiliki oleh smartphone tersebut, ternyata beberapa di antaranya dapat dimanfaatkan oleh aplikasi android pihak ketiga. Salah satunya adalah aplikasi Find My Device, yang memungkinkan pengguna untuk menemukan perangkat ponselnya yang hilang.

Menemukan HP Hilang Dengan Aplikasi Find My Device

Aplikasi Find My Device
source: play store

Seperti namanya, aplikasi android ini merupakan aplikasi pendukung, yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan hp android atau smartphone yang hilang. Dengan begitu kita tidak perlu bingung mencari kemana hp yang telah terjatuh dijalan, ataupun tertinggal di tempat umum.

Aplikasi Find My Device dapat membantu kita untuk menemukan perangkat ponsel kita yang hilang, sementara kita tidak tahu dimana perangkat tersebut berada. Caranya dengan memanfaatkan fitur GPS yang terdapat pada perangkat smartphone. Selain itu ada pula hal yang perlu diingat, yaitu ponsel harus tetap terhubung ke internet ketika hp tersebut hilang.

Jika ponsel yang hilang masih dalam keadaan menyala dan masih dapat terhubung ke internet. Maka kita dapat dengan mudah untuk menemukan dan mengendalikan ponsel tersebut dari jarak jauh. Namun jika ponsel yang hilang sudah tidak aktif atau tidak terhubung ke internet, maka aplikasi ini tidak akan ada gunanya.

Fitur-fitur aplikasi Find My Device

Aplikasi android unik ini juga memiliki beragam fitur menarik, yang tentu saja sangat bermanfaat untuk melacak smartphone yang hilang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak fitur-fitur dari aplikasi android terbaik ini.

1. Play sound

Seperti namanya, fitur ini akan mengeluarkan suara nada deringnya. Hal ini bertujuan agar kita dapat mendengar suaranya dan melacak suara ponsel itu berasal. Fitur ini biasanya digunakan ketika ponsel terselip di kasur, sofa ataupun di bawah bantal.

2. Lock

Fitur ini merupakan salah satu fungsi pengamanan jika ponsel android kita hilang atau terjatuh di jalan. Karena kita dapat mengendalikan ponsel yang hilang menggunakan smartphone lainnya. Dengan begitu kita bisa mengunci layar ponsel yang hilang, agar tidak ada orang asing yang bisa membukanya.

3. Erase

Fitur yang terakhir memungkinkan kita untuk menghapus data-data pada smartphone yang hilang tersebut. Caranya juga hampir sama dengan fitur Lock, dimana kita harus dapat mengendalikan ponsel tersebut menggunakan hp lainnya atau remote.

Yang perlu diperhatikan adalah, ketika ingin menemukan hp android yang hilang dengan aplikasi Find My Device. Kita harus mengunduh dan aplikasi tersebut dari hp lainnya, lalu kita harus login menggunakan email yang juga digunakan pada ponsel yang hilang.