Aplikasi BPJSTK Mobile, Cek Saldo Jaminan Hari Tua Jadi Mudah

Aplikasi BPJSTK Mobile adalah sebuah aplikasi berbasis mobile, yang bisa digunakan untuk cek saldo jaminan hari tua (JHT). Aplikasi ini adalah layanan dari BPJS Ketenagakerjaan, yang merupakan salah satu instansi pemerintah Indonesia. Instansi ini bertugas menjamin kesejahteraan para pekerja yang menjadi anggota mereka, dan menyimpan dana jaminan hari tua (JHT) dari pesertanya.

Selama ini, para pekerja memang agak kesulitan bila ingin mengetahui saldo JHT mereka, karena adanya birokrasi yang cukup berbelit. Sebelumya, untuk mengetahui saldo JHT, mereka harus datang ke kantor BPJSTK ataupun menghubungi call center.

Saat ini, dengan hadirnya BPJSTK Mobile, bisa lebih memudahkan para pekerja, untuk memeriksa saldo JHT mereka. Selama kita memiliki smartphone yan terhubung dengan jaringan internet, maka kita bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi BPJSTK Mobile

BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya adalah Jamsostek, yang juga merupakan badan penyelenggara jaminan hari tua bagi para pekerja. Namun beberapa tahun lalu, setelah dibentuknya BPJS, maka Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Meskipun berbeda nama, tapi visi dan misinya masih sama, yakni menyimpan dana hari tua para pekerja yang menjadi anggotanya. Sehingga ketika pekerja memasuki usia pensiun, maka mereka dapat menerima uang JHT yang sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun bekerja.

aplikasi-bpjstk-mobile
source: Play Store

Pada apilkasi ini tersedia beragam fitur yang bisa kita gunakan, dan tentu saja akan memudahkan kita untuk melakukan cek saldo JHT.

  1. Pendaftaran menggunakan data kependudukan, seperti KTP dan KK.
  2. Cek saldo jaminan hari tua (JHT) secara online dengan cepat serta akurat.
  3. Tersedia juga simulasi perhitungan jaminan hari tua (JHT).
  4. Informasi program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Terdapat informasi alamat kantor cabang BPJSTK.
  6. Tersedia informasi pusat layanan dan meida sosial.
  7. Ada juga layanan pengaduan bagi peserta jaminan.

Persyaratan sistem

Agar kita bisa memasang aplikasi BPJSTK Mobile ke dalam smartphone, ada beberapa persyaratan sistem yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Antara lain yaitu:

  1. Sistem operasi yang digunakan minimal android versi 3.0 atau yang lebih tinggi.
  2. RAM minimal 1GB.
  3. Tersedia ruang penyimpanan setidaknya 30MB.

Aplikasi ini memang sangat berguna bagi para peserta jaminan hari tua (JHT), agar lebih mudah untuk cek saldo JHT mereka. Selain BPJSTK, ada juga aplikasi jaminan kesehatan, yakni aplikasi BPJS Kesehatan. Aplikasi tersebut berguna bagi para peserta BPJSKES, untuk memeriksa tagihan dan melihat profil kepesertaannya.