Aplikasi Pantau Banjir Jakarta, Buatan Pemprov DKI

Berbicara tentang banjir, pasti kita kita akan mengingat Ibukota Jakarta. Berbagai cara dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk menanggulangi permasalahan banjir. Salah satunya adalah dengan merilis apk mobile bernama Aplikasi Pantau Banjir atau sering disebuat aplikasi banjir Jakarta.

Sejak zaman Belanda, Jakarta kerap menjadi langganan banjir. Pemerintah DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kerugian dari dampak bencana banjir.

Aplikasi Pantau Banjir

Seperti namanya, aplikasi Pantau Banjir ditujukan untuk memantau debit air di sekitar kawasan jakarta. “Kini warga Jakarta bisa memantau tinggi air dan kondisi banjir melalui aplikasi Pantau Banjir. Bagikan informasi ini untuk Jakarta lebih baik,” tulis akun Facebook Jakarta Smart City.

Aplikasi pantau banjir berfungsi untuk memantau informasi tentang laporan ketinggian air per-RW, ketinggian air di pintu air ataupun pospengamatan dan memantau beroperasi atau tidaknya pompa air berdasarkan data yang diinput oleh petugas dinas tata air.

aplikasi-pantau-banjir-jakarta
source: playstore

Dari hasil menjajal aplikasi ini, kami menemukan sejumlah fitur yang mungkin bisa berguna bagi warga Jakarta. Seperti misalnya:

  • Fitur memantau ketinggian di wilayah RW yang tersebar di wilayah Jakarta.
  • Fitur untuk melihat kondisi pintu air.
  • Fitur peta banjir.
  • Ftur memantau apakah alat pompa banjir berfungsi atau tidak dan sebagainya.

Dari yang telah kami amati, anda bisa mengakses Pantau Banjir Jakarta melalu sebuah Web dan Aplikasi. Ini seua adalah pengembangan dari Pemprov DKI Jakarta, untuk mempermudah segala akses mengenai Ibu kota.

Dengan menggunakan aplikasi banjir jakarta kalian dapat pantau banjir jakarta dengan onlne, dengan hasil laporan data bedasarkan data pintu air jakarta, info banjir hari ini dan sebagainya. Ayo gunakan aplikasi Pantau Banjir Jakarta agar tidak terkena dampak banjir.