Teknobos
Tech in Touch

Apakah Aplikasi Android akan Menggantikan Dokter?

Aplikasi Android berkembang dengan pesat dan mampu memenuhi kebutuhan manusia. Aplikasi-aplikasi tersebut membuat kita menjadi nyaman.

Bagaimana tidak, dengan bermodal aplikasi, kita kini bisa memsan makanan, berbelanja bahkan melakukan banyak hal dari rumah. Yang paling mengesankan adalah adanya kemajuan kecerdasan buatan manusia yang mungkin mendampingi kita dalam banyak hal.

Untuk urusan kesehatan, bagaimana perkembangannya?

Menggunakan aplikasi daripada dokter

Kemajuan teknologi dan pengetahuan mampu membuat manusia menciptakan aplikasi layanan kesehatan yang hampir berperan seperti dokter. Namun aplikasi kesehatan ini tidak dipilih oleh banyak orang karena sebagian besar dari mereka masih memilih untuk berkonsultasi secara profesional.

Mereka yang memilih aplikasi ini biasanya adalah orang-orang yang tidak suka atau tidak punya waktu untuk mengantri, takut akan dokter bahkan kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang cepat. Namun karena kesehatan sangatlah penting, maka adanya aplikasi kesehatan sangatlah penting untuk kehidupan mereka.

Dalam beberapa kasus, aplikasi Android berbasis kesehatan memang mampu untuk membantu penggunanya dalam menemukan informasi kesehatan mengenai dirinya.

Namun bagaimanapun juga, mereka membutuhkan pertolongan untuk diagnosa yang tepat dan saran terbaik dari dokter.

Contoh aplikasi kesehatan

Aplikasi-Kesehatan

Aplikasi berbasis kesehatan dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya terdapat beberapa aplikasi dengan fungsi hampir sama maupun berbeda untuk tujuan medis.

Salah satu aplikasi kesehatan adalah iTriage Health dan Dokter Diabetes. Salah satu Aplikasi tersebut merupakan besutan dari Harvard Medical School dan merupakan aplikasi dalam kategori penyedia informasi kesehatan dan pemeriksa gejala penyakit.

Aplikasi ini mampu menyediakan informasi bagi para penggunanya yang akan ditinjau langsung dari penciptanya.

Untuk aplikasi kategori kesehatan mental, ada aplikasi bernama TalkLife. Aplikasi ini didesain untuk menjadi tempat yang aman untuk pengguna yang menderita gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Di sini, apapun bisa diceritakan agar segera mendapatkan pertolongan.

Ada juga aplikasi bernama 7 Cups yang berguna untuk menghubungkan pengguna dengan therapist yang telah disertifikasi.

Dari data di atas, sepertinya cukup unik Aplikasi yang dapat berkonsultasi langsung kepada dokter, dapat disimpulkan bahwa bagaimanapun juga, kinerja dokter tidak akan bisa diganti dengan aplikasi.

Secanggih apapun aplikasi Android berbasis kesehatan, mereka akan tetap membutuhkan dokter.

Rating
80%
Awesome
  • Blog