Alipay Siap Menggantikan Posisi Pay-pal

Sejak didirikan pada 2004 hingga saat ini, Alipay telah berkembang dengan pesat. Dibuktikan pada 2005, perusahaan ini telah menghadirkan layanan pelanggan 24 jam non-stop. Aplikasi Alipay bukan sekadar sistem pembayaran semata, melainkan one-stop portal untuk seluruh solusi pembayaran.

Alipay juga mulai bekerja sama dengan berbagai perusahaan, termasuk perbankan. Tiga tahun setelah didirikan, Alipay tecatat memiliki 50 juta pelanggan, padahal saat itu hanya 30 juta orang yang menggunakan kartu kredit di Tiongkok.

aplikasi-alipay
source: wirecard

Perkembangan Aplikasi Alipay

Pada 2014, Alipay re-branding menjadi Ant Financial Services Group. Kini, Ant Financial menyediakan pembayaran bagi lebih dari 450 juta pengguna aktif di Tiongkok dan sekitarnya melalui produk aplikasi Alipay.

Alipay bisa dipakai untuk membayar:

  • Transaksi transportasi online.
  • Transaksi hotel.
  • Membeli tiket bioskop.
  • Pembayaran jasa dokter (Rumah sakit).
  • Transaksi dipusat perbelanjaan.
  • dan membeli produk keuangan serta mengelolanya.
aplikasi-alipay-paypal
source: fintechranking

Ant Financial pun makin melebarkan sayapnya ke luar Tiongkok dengan berbagai kerja sama, misalnya dengan partner lokal di India, Asia Tenggara, dan Korea Selatan untuk nenghadirkan pembayaran secara digital dan layanan finansial yang inovatif bagi pengguna lokal.

Update terbaru aplikasi ini, platform pembayaran Ant Financial akan mulai beroperasi di Indonesia, melalui platform sosial BlackBerry Messenger (BBM) yang kini dikelola oleh Emtek. Sebagai catatan penting, BBM saat ini memiliki 63 juta pengguna di Tanah Air.

Kerja sama kedua aplikasi akan menawarkan teknologi pembayaraan mobile ke e-Commerce, layanan over the top (OTT), layanan online to offline (O2O) serta berbagai merchant yang ingin meningkatkan layanan pembayarannya.