Teknobos
Tech in Touch

Apakah Prosesor Laptop Bisa Diganti?

Bagi sebagian pengguna laptop yang selalu memikirkan processor, pasti pernah terlintas pertanyaan apakah prosesor laptop bisa diganti atau tidak. Pertanyaan tersebut bukanlah pertanyaan yang aneh. Terkadang beberapa dari kita dan mungkin kamu juga menginginkan penggantian prosesor. Untuk menjawabnya, diperlukan penjelasan khusus agar tidak terjadi kesalahan.

Sebenarnya, prosesor bisa diganti dan juga tidak bisa diganti. Pertanyaan diatas mempunyai dua jawaban sekaligus, namun dengan syarat kondisi yang berbeda. untuk lebih jelasnya, kamu simak informasinya di bawah ini.

Apakah Prosesor Laptop Bisa Diganti? - tips

Apakah Prosesor Laptop Bisa Diganti?

Bisa dan alasannya

Prosesor laptop bisa diganti dengan syarat khusus. Satu-satunya hal yang mungkin bisa menjadikan prosesor diganti adalah jika soketnya sama dan prosesor tidak terpasang secara permanen. Berikut cara mengganti prosesor laptop.

Untuk menemukan prosesor yang soketnya sama, tentu tidaklah mudah. Juga, untuk menemukan prosesor yang dipasang secara manual juga tidak mudah. Kamu juga bisa mengubahnya jika hardware dan motherboard mendukung. Hal ini sebenarnya jarang terjadi.

Namun, kamu bisa merombaknya jika ingin menggantinya. Sayangnya, biaya perombakan sangatlah besar dan bisa merusak komponen laptop lainnya. Selain itu, kamu juga perlu seseorang yang benar-benar ahli pada hal ini agar tidak terjadi kerusakan parah.

Jika prosesor bisa dibongkar-pasang, kamu bisa mengubahnya dengan syarat harus sama soketnya. Namun jika permanen, lebih baik tidak usah diganti. Risiko yang ditawarkan dari penggantian prosesor juga tidak main-main.

Tidak bisa dan alasannya

Jawaban kedua sekaligus terakhir dari pertanyaan apakah prosesor laptop bisa diganti adalah tidak bisa. Salah satu alasannya telah disebutkan sebelumnya, yaitu karena biasanya prosesor telah terpasang secara permanen. Alasan lainnya adalah karena ketidakcocokan soket yang terpasang.

Jika dipaksa, maka akan terjadi kerusakan, utamanya pada CPU. Ataupun jika bisa masuk, namun tidak bisa dijalankan.

Dalam beberapa kasus CPU lebih banyak tidak bisa diganti dibandingkan bisa diganti karena bisanya telah disoldier dengan komponen lainnya.

Apakah kamu sudah memahaminya? Jika belum, kamu perlu mengetahui lebih jauh mengenai prosesor laptop dari definisi serta fungsinya. Informasi jawaban atas pertanyaan apakah prosesor laptop bisa diganti atau tidak bisa kamu gunakan untuk referensi.

tips komputer lainnya.