Apa itu Windows Powershell & Bagaimana Menggunakannya?

2,674

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Meskipun kamu seorang pelanggan Windows sejak versi Windows 7 keatas, mungkin kamu tidak pernah memahami apa itu Windows Powershell meskipun kamu sering mendengarnya atau bahkan memakainya. Di sini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai Windows Powershell yang perlu kamu tahu agar kamu bisa memanfaatkannya. Untuk memudahkan kamu dalam memahami Powrshell, yuk kita belajar apa itu windows Powershell.

apa itu windows powershell - Tips

Apa Itu Windows Powershell?, Pengerian Tentang Powershell

Powershell merupakan salah satu jenis prompt command untuk menjalankan suatu perintah melalui bahasa programming. Jika kamu tahu Command prompt pada Windows, Powershell adalah sejenisnya meskipun memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Biasanya, Powershell digunakan untuk perintah yang lebih berguna dan lebih berbobot. Keduanya sama karena masih mengadopsi DOS.

Jika dibandingkan dengan Command Prompt secara keseluruhan, Powershell mempunyai fitur yang lebih canggih dan variatif. Bahasa yang digunakan oleh Powershell ini juga lebih terbuka. Untuk mengelola script Windows, Powershell jauh bermanfaat dan lebih cepat.

Fungsi dari Powershell adalah untuk menjalankan command yang nantinya akan mempermudah pekerjaan dalam mengelola pekerjaan berbasis digital yang telah disimpan.

Perintah dasar Powershell

Selain informasi mengenai pengertian yang akan menjawab pertanyaan kamu tentang apa itu Windows Powershell, juga akan dijelaskan mengenai cara penggunaannya. Dalam hal ini, katakanlah kamu ingin mengubah nama file.

Untuk menggunakan Powershell, kamu bisa mulai dari menu Start dan pilih menu Accessories. Kemudian temukan menu Powershell.

Setelah program terbuka, silahkan ketikkan “CD local disk” dan diikuti oleh nama folder dimana terdapat file yang kamu ingin ganti nama.

Kemudian, ketikkan perintah berikut ini Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace “ “,”_” }. Jangan ketinggalan walaupun satu tanda baca, karena bahasa pemrograman sangatlah sensitive dan setiap satu tanda baca bisa mewakili salah satu fungsi.

Kemudian tekan Enter dan kamu bisa melihat bahwa file kamu telah berganti nama.

Jika kamu menginginkan untuk melakukan perintah lainnya, kamu bisa belajar perintah-perintahnya terlebih dahulu dan mempraktekkannya. Perlu diingat bahwa untuk menjalankan Powershell perlu mengetahui kode-kode pemrograman.

Sekarang, pengetahuan kamu mengenai Powershell lebih dari sekadar jawaban apa itu Windows Powershell karena kini kamu bisa mempraktekkannya.

artikel terkait tips komputer lainnya.