Teknobos
Tech in Touch

Apa Itu Overclocking Dan Bagaimana Caranya

Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya apa itu overclocking. Sebagian dari kita mungkin masih merasa asing dengan kata ini dan hanya meneka-nerka apa artinya. Untuk menambah pengetahuanmu, marilah kita simak dahulu apa sebenarnya overclocking.

Overclocking adalah cara untuk meningkatkan kecepatan dijalankannya komponen dengan kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan asalnya. Efeknya adalah dapat membuat komponen lebih cepat panas karena dipaksa untuk bekerja di luar kemampuan aslinya. Hal ini harus diimbangi dengan memberikan pendingin juga perawatn yang rutin.

Apa itu overclocking - Tips

Apa itu overclocking beserta keuntungan dan caranya

Keuntungannya adalah kamu bisa mendapatkan komputer dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya. Peningkatan performa ini akan terlihat dengan jelas bila kamu mengaplikasikan nya di komputer yang sudah memakai hardisk SSSD.

Apabila kamu seorang penggila games dan ingin menggunakan teknik overclocking ini, mungkin aplikasi ini sudah tidak memerlukannya lagi. Graphic card yang ada di CPU modern tidak akan mendapatkan pengaruh pada overclocking.

Cara overclocking

Cara settingnya berbeda-beda, tapi pada umumnya dasar yang digunakan dalam hal ini adalah sama.

  1. Kamu membutuhkan sistem pendingin seperti cooling fan yang banyak di jual di toko accessories laptop yang memang telah didesain sedemikian rupa dari perusahaan untuk mengurangi panas saat digunakan. CPU yang ditambah kecepatannya akan secara otomatis juga bertambah panasnya. Fan ini akan membantu meniup hawa panas dari laptop yang layaknya otak harus dituntut untuk berfikir lebih keras.
  2. Pergunakanlah water cooling system yang harganya cukup mahal juga tetapi tentu saja kualitasnya juga berimbang dengan harganya. Pendingin ini berbasis air dan akan dilengkapi dengan radiator sebagai pompa berjalan agar udara panas yang ada hilang terusir dengan adanya radiator. Pendingin air ini lebih efisien dibandingkan dengan pendingin udara.

Jadi overclocking ini dapat digunakan untuk menambah kecepatan pada komputer yang bisa dijalankan dalam kondisi standar. Bila sudah menggunakan komputer dengan CPU yang berkecepatan tinggi, overclocking ini tidak akan menimbulkan efek yang dapat terlihat.

Jadi, kamu sudah tidak lagi penasaran dengan apa itu overclocking kan? Pengetahuanmu pastinya juga sudah bertambah dan bila kamu tertarik untuk melakukan overclocking ini, kamu juga harus mempersiapkan fan untuk menghilangkan panas sehingga laptop tetap dalam keadaan prima.

Baca juga artikel trik komputer lainnya.