Apa itu Motherboard? Ini Sejarah dan Penjelasannya

Perkembangan teknologi kini semakin maju secara pesat, ini dibuktikan dari banyaknya pembelian serta penggunaan produk-produk komputer atau laptop di dunia. Komputer sekarang ini merupakan sebuah alat alternatif yang dapat memudahkan dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya mengerjakan tugas, berhitung, media menulis, atau bahkan yang lebih sering  adalah untuk mengakses dunia maya.

Terdapat berbagai jenis komponen di dalam satu komputer, yang ditandai dengan saling bekerjasamanya antar komponen tersebut untuk menyetabilkan kinerja mesin agar lebih berperforma. Bagian dari keseluruhan dalam PC berupa Motherboard, Ram, Power Supply dan masih banyak yang lainya.

Sejarah Motherboard

Motherboard pertama kali dibuat dan diperkenalkan oleh Apple untuk Apple II-nya pada tahun 1997. Papan induk ini dahulu sangat berbentuk ruwert karena sangat mirip sekali dengan CPU dan memori di tempatkan pada satu kartu tersendiri.

sejarah-fungsi-penjelasan-motherboard

Dahulu Motherboard sangatlah repot untuk menghubungkan satu komponen dengan komponen lainya, hingga muncul ide untuk membuat satu tempat khusus penampung berbagai jenis periferal. Ketika keluar cetusan ide brilian itu, dibuatlah suatu papan lebar berisi beragam slot sebagai fungsi tempat menyolokan perangkat-perangkat yang kemudian dinamai (Motherboard).

Pengembang awal papan induk ini adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.

Pada tahun 1980 hingga 1990, beberapa periferal digabungkan demi menciptakan motherboard ke dalam bentuk ekonomis dan terlihat lebih simpel serta tipis. Hal pertama kali yang dilakukan, yaitu dengan menggabungkan slot keyboard, mouse, floopy drive dan port serial serta port pararel ke satu motherboard.

Perkembangan Motherboard

Bentuk standard papan utama penunjang CPU ini masih berubah-ubah hingga saat ini, untuk desain pertama yang digunakan adalah PC/XT dan dipakai IBM. Setelah itu, mulai muncul AT (Advance Technology) dan ATX (Advance Technology Extension) yang hingga saat ini masih digunakan. Bentuk Standar ATX dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.

sejarah-motherboard

Pada saat ini intel juga mengeluarkan standard BTX (Balanced Technology Extension), namun pasar belum begitu tertarik untuk menggunakanya. Vendor komputer VIA sebenarnya juga menghadirkan standard sendiri yaitu ITX.

Awal tahun 2000an pengintegrasian mulai diperluas, kini Motherboard dilengkapi beberapa fitur terbaru yaitu sound dan VGA yang otomatis langsung melekat di badanya yang beristilah onboard selain itu kini banyak farian fitur seperti konektivitas USB, Firewire dan LAN

Penjelasan dan Fungsi Motherboard

Motherboard apabila di indonesikan berarti sebuah papan induk yang biasa disingkat dengan sebutan Mobo, papan induk ini adalah sebagai papan sirkuit tempat berbagai macam komponen elektronik saling berhubungan. Pengertian lain Mobo yaitu papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), yang memberikan jalur-jalur konektor sebagai penghubung akses antar masing-masing setiap perangkat

apa-itu-motherboard

Papan utama merupakan hal pokok yang harus di miliki pada semua jenis merk PC atau laptop dan tidak boleh tertinggal sama sekali demi menghidupkan dan mengoprasikan sebuah komputer. Motherboard yang paling sering dijumpai dipasaran yaitu merk IBM, karena produk tersebut pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai spesifikasi Komputer.

sejarah-motherboard

Semua jenis komponen akan disatukan pada satu jenis Motherboard, itu sebabnya mengapa Mobo sangat begitu berarti dan merupakan papan utama. Papan induk ini berbentuk kotak tipis seperti triplek dengan fungsi menjadi sirkuit elektronik, serta tempat mondar-mandirnya data. Alat seperti papan tipis ini selalu dapat menghubungkan peralatan serta mampu membuatnya saling bekerja sama agar PC atau laptop berperforma dengan baik.

Itulah penjelasan tentang Perangkat Keras Komputer yaitu Motherboard, mulai dari awal perkembangan hingga sejarah terbentuknya sebuah papan induk dan bahkan fungsi yang ditawarkan oleh Mobo ini. Semoga saja pembahasan semacam ini dapat sangat bermanfaat untuk kalian yang belum mengetahui fungsi dan sejarah otak didalam CPU komputer ini.