Aneka Fungsi Perangkat Keras Jaringan Komputer

 

Sebenarnya apa sih fungsi perangkat keras jaringan komputer itu? Kamu pasti pernah bertanya-tanya tentang hal yang satu ini bukan? Nah rupanya perangkat keras ini memiliki fungsi yang tidak main-main. Bahkan bisa dibilang keberadaannya sangat vital bagi jaringan komputer. Simak ulasan tentangnya di bawah ini yuk.

9 Fungsi perangkat keras jaringan komputer

Aneka Fungsi Perangkat Keras Jaringan Komputer

Ada 9 perangkat keras jaringan komputer. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kamu bisa mengetahui fungsi setiap bagian-bagiannya di bawah ini.

  1. Modem

Perangkat keras jaringan komputer yang pertama adalah modem atau modulator demodulator. Ini adalah perangkat yang menghubungkan kamu ke internet. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. 

 

  1. Kabel Jaringan

Kedua adalah kabel jaringan. Fungsi kabel jaringan ini adalah media penghubung komputer dengan komputer. Juga sebagai penghubung antara komputer dengan perangkat jaringan yang lainnya. Ada 3 jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer ini yaitu Twisted Pair (UTP dan STP), Coaxial dan Fiber Optic.

 

  1. Network Interface Card (NIC)

Ketiga adalah Netword Interface Card atau INC. Kamu mungkin lebih mengenalnya sebagai Ethernet Card atau LAN Card. NIC adalah kartu jaringan yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar komputer dan jaringan.

 

  1. Konektor

Perangkat keras jaringan komputer selanjutnya adalah konektor. Ini adalah sebuah alat yang menghubungkan dua bagian penting, yaitu kabel dengan network adapter.

 

  1. Hub

Kelima ada hub. Gunanya adalah untuk menyatukan kabel-kabel yang ada di network dari tiap workstation, server maupun dari perangkat yang lainnya.

 

  1. Switch

Switch berfungsi untuk mengurusi sinyal listrik dan memproses informasi pada lapisan atau layer data link.

 

  1. Repeater

Selanjutnya adalah repeater. Perangkat ini memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan, Kemudian dia akan memancarkannya kembali.

 

  1. Bridge

Bridge berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda misalnya ethernet baseband dengan ethernet broadband.

 

  1. Router

Terakhir ada router. Fungsi utamanya adalah sebagai perangkat dalam jaringan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network.

Itulah fungsi perangkat keras jaringan komputer yang perlu kamu ketahui. Bagaimana menurutmu?

Baca juga tips komputer lainnya.