Pengalaman Menjajal realme 3, Kemampuan Kamera dan Performa Jempolan

Teknobos – Realme, vendor smartphone asal China, hari inni membuat gebrakan kembali dengan menghadirkan produk terbarunya. Adalah realme 3 yang siap menjadi andalan realme untuk mengarungi 2019 dengan penuh percaya diri.

Desain

Desain dari realme 3 terbilang spesial mengingat harga jualnya yang tidak sampai Rp 2 juta. realme 3 menggunakan desain unibodi yang mutakhir. Dengan konsep unibodi, desain Realme 3 seperti tidak memiliki batas. Alhasil, realme 3 terlihat seamless dan terasa sangat nyaman saat digenggam.

realme 3 juga diwarnai dengan pilihan warna yang menarik. Tercatat, ada dua warna gradasi yang disediakan Realme, yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Kehadiran warna gradasi membuat tampilan smartphone lebih indah untuk dilihat.

Secara dimensi, realme 3 juga terasa kompak. Dengan bobot sekitar 175 gram dan ketebalan 8,3 mm membuat realme 3 mudah untuk diselipkan ke kantong celana dan dibawa kemana saja.

realme menempatkan tombol volume dan slot SIM Card di sisi kiri, sementara tombol power di sisi kanan. Di bagian belakang ditempatkan kamera ganda yang disusun secara vertikal. Di bagian belakang pula terdapat logo Realme yang sesuai dengan konsep desain smartphone ini.

Baca Juga Harga Realme C1

Layar

realme 3 menggunakan layar dewdrop yang bisa dibilang versi upgrade dari layar notch realme 2. Layarnya berukuran 6,22 inci dengan bezel hanya 2,05 mm sehingga tergolong nyaman dan memuaskan untuk menonton konten multimedia.

realme 3 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 88,3% yang menghasilkan tampilan super lebar, dan tampilan yang jauh lebih efisien. Tampilan ini memberikan pengguna pengalaman visual terbaik saat melihat gambar dan menonton video.

Spesifikasi

Secara hardware, realme 3 didukung oleh berbagai komponen terbaik. Di bagian prosesor, Realme 3 didukung oleh MediaTek Helio P60. Chipset tersebut mengadopsi proses FinFET 12nm terbaru TSMC, yang lebih hemat daya sebesar 15% dibandingkan dengan prosesor 14nm sebelumnya dan dapat menyaingi performa prosesor 10nm.

Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz. Keberadaan Helio P60 sangat terasa dalam mendongkrak performa ponsel. Selama masa uji, proses transisi antar aplikasi berjalan mulus tanpa hambatan. Kegiatan bermain gaming juga praktis berjalan mulus saat dicoba menjalankan PUBG Mobile.

Kami juga melakukan pengujian performa ponsel menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu. Saat dicoba, skor benchmark yang didapatkan mencapai 133.112 atau terbilang tinggi untuk smartphone di kelasnya. Dari segi software, realme 3 didukung oleh sistem ColorOS 6.0 terbaru.

Baca Juga Harga Monitor Acer KG271

Dengan OS tersebut, desain UI/UX nya terkesan tanpa batas dan menghadirkan antarmuka layaknya Pure Android Experience. Dengan tampilan ini, pengguna dapat memperoleh informasi lebih efisien saat menggunakan ponsel. Jumlah penetrasi warna yang tepat meningkatkan kualitas visual keseluruhan ke tingkat yang lebih menarik.

Kamera

Di realme 3, realme sepertinya tidak sembarangan dalam menyematkan kamera. Hal itu terlihat dari kemampuan kamera yang digunakan realme 3. Di kamera belakang, realme 3 menggunakan kamera utama 13MP + kamera sekunder 2MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12um.

Hasil foto yang dihasilkan kamera belakang di kondisi terang tampak cerah . Sementara kamera depannya juga mengalami peningkatan dengan kamera depan 13MP dalam kombinasi lensa 5P, dengan aperture diperbesar menjadi f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um.

Salah satu kemampuan unik kamera di realme 3 adalah Nightscape. Dengan fitur ini, pengguna dapat menangkap foto di malam hari dengan lebih baik hanya dengan menggunakan tangan kosong. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan , mengurangi noise dan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Baca Juga Harga Realme Buds

Saat kami mencoba mode Nightscape, hasil yang didapatkan sungguh mengejutkan. Alih-alih mendapatkan foto redup, kami malah mendapatkan foto malam yang sangat indah. Tampak gemerlap lampu kota dapat tertangkap dengan baik dengan noise yang minim.

Selain itu, terdapat mode Chroma Boost untuk memudahkan pengguna dalam mengenali objek. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan pengaturan yang tepat, sehingga warna yang dihasilkan pun dapat terlihat cerah.

Baterai

realme 3 didukung dengan baterai berkapasitas 4.230mAh, sebuah kapasitas yang besar dibandingkan produk kompetitor dalam kisaran harga yang sama. Baterai yang besar juga didukung oleh manajemen daya yang baik dari Helio P60.

Dalam pemakaian normal, Harga realme 3 dapat bertahan seharian. Sebuah keunggulan yang jarang dimiliki oleh smartphone dengan banderol di bawah Rp 2 juta.

Realme 3 juga dilengkapi dengan CABC (Content Adaptive Backlight Control) dimana smartphone ini dapat secara otomatis menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan, memastikan gambar terlihat jelas dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar dan menghemat daya.

Kesimpulan

Dengan menghadirkan realme 3, realme seakan menegaskan bahwa mereka terus berkomitmen dalam menciptakan produk inovatif yang terjangkau. Kehadiran baterai besar, prosesor Helio P60 yang cepat, dan mode kamera yang secara atraktif meningkatkan kualitas gambar, menjadi kombinasi yang pas di realme 3 dalam mengeksekusi segala aktivitas harian penggunanya.

Baca Juga Spesifikasi Realme U1