Alibaba Group Membuat Langkah Di Indonesia

Perusahaan e-commerce raksasa asal Cina yakni Alibaba Group membuat langkah di Indonesia. Mereka melanjutkan permainannya di sektor pembayaran, dalam skala global. Hal itu diumumkan dalam rilisnya yang mengatakan, bahwa anak perusahaan mereka yang bergerak di sektor pembayaran yakni Ant Financial. Telah menjalin kerja sama dengan konglomerat media di Indonesia yaitu EMTEK.

Bersama-sama, mereka akan meluncurkan sebuah sistem pembayaran mobile terbaru, serta jasa keuangan lainnya. Solusi pembayaran ini akan ditawarkan kepada BlackBerry Messenger (BBM), yang akan dioperasikan oleh anak perusahaan EMTEK. BBM sendiri, di Indonesia saat ini sudah memiliki 63 juta pengguna aktif bulanan. Kedua perusahaan ini akan membuat layanan BBM, menjadi lebih dari sekedar aplikasi chatting.

Alibaba Group Membuat Langkah Di Indonesia Bersama EMTEK

Alibaba Group Membuat Langkah Di Indonesia
source: onedio

Jadi nantinya aplikasi BBM bisa digunakan, tidak hanya untuk chatting saja, tapi juga bisa digunakan pengguna untuk berbelanja, bermain game, menonton video, dan banyak lagi yang lainnya. Layanan-layanan tersebut nantinya akan diintegrasikan dalam satu aplikasi, yang akan dikembangkan bersama-sama oleh Alibaba dan EMTEK.

Kesatuan media di Indonesia nantinya akan mengoperasikan jaringan televisi, memproduksi beragam pertunjukan, dan menjalankan sejumlah publikasi secara online. Hal ini terbukti berhasil untuk meningkatkan investasi pada bisnis e-commerce seperti Bukalapak.

Langkah yang dilakukan Alibaba Group, untuk menjadikan BBM sebagai aplikasi chatting yang juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran mobile, sepertinya mengikuti Pay e-cash milik LINE. Selain itu dikabarkan juga bahwa Whats App siap membuat tandingan LINE Pay e-cash, yang merupakan sistem pembayaran berbasis mobile.