Apa Itu Algoritma Google Hummingbird

Setiap tahunya google selalu mengelurkan perubahan terhadap algoritmanya. Meskipun sebagian besarnya hanyalah peruhan kecil (Minnor Update), akan tetapi google juga melakukan perubahan besar dalam beberapa Algoritmanya seperti google Panda, Google Pengguin, Google Hummingbird, Google Fred dan sebagainya.

Pada dasarnya, Algoritma pencarian merupakan istilah teknis untuk merujuk pada panduan yang Google gunakan untuk memilah dan memilih milyaran halaman web dan informasi lainnya. Serta menemukan jawaban yang dianggap sebagai yang terbaik.

google-hummingbird
source: slidesfinder

Pengertian Algoritma?

Algoritma adalah sebuah rancangan prosedur perhitungan yang dilakukan langkah demi langkah untuk otomatisasi suatu proses. Alasan Google mesin pencari membuat algoritma ini karena mustahil, jika melakukan pengecekan semua halaman web satu per satu.

Dalam kinerjanya, Google membuat sebuah algoritma untuk mengelola data setiap halaman situs web atau blog. Ada yang memproses nama domain, memproses link, memproses onpage, memproses konten, ada yang memproses popularitas dan lain sebagainya.

Nantinya semua algoritma inilah yang akan memberikan peringkat kesetiap halaman untuk kueri yang dimasukkan dalam sebuah pencarianpencari.

Saat ini kita sudah mengenal beberapa nama Algoritma dari Google, seperti Algoritma Google caffeine, Google EMD, Google Panda, Google Penguin dan masih banyak lagi. Tapi kali ini kita akan membahas perubahan dan pengunaan pada sebuah Algoritma Hummingbird.

Apa Itu Algoritma Google Hummingbird?

Hummingbird adalah sebuah lagoritma yang dikembangkan google bertujuan mencari website yang mengedepankan kecepatan dan ketepatan. Algoritma ini memungkinkan Google menyegarkan kembali indeks dan mesin pencari buatan mereka.

Google Hummingbird adalah algoritma Google terbaru yang dibuat oleh Google dan diluncurkan pada tanggal 27 September 2013, atau bertepatan dengan ulang tahun Google yang ke 15. Perubahan Algoritma google ini sangat berperan penting, karena mempengaruhi dalam hal pencarian pada Google hingga 90%.

algoritma-hummingbird
source: alligatormedia

Algoritma ini juga bertujuan untuk penggunaan perangkat mobile dalam pencarian. Dengan Hummingbird maka faktor responsive design menjadi sangat penting dibandingkan sebelumnya. Jadi sekarang ini sangat penting untuk memastikan halaman website kita responsif untuk semua ukuran layar gadget.

Selain menambahkan pentingnya halaman web yang mobile friendly, algoritma hummingbird juga memperkenalkan sebuah konsep pencarian yang kontekstual. Jadi Google sekarang tidak hanya menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang kita masukkan, tapi juga yang berhubungan.

google-hummingbird-mobile
source: couponler

Bukan hanya itu saja, Google juga menyimpan beragam elemen penting milik algoritma pencarian versi terdahulu. Bisa dikatakan bahwa Algoritma Google Hummingbird mencakup seluruh fungsi kekuatan elemen penting dari algoritma terdahulunya (penyempurna).

Google Hummingbird diklaim dapat berinteraksi dengan pengguna secara “lebih manusiawi” dan lebih bersahabat. Google mulai menggunakan Hummingbird pada tanggal 30 Agustus 2013.

Fitur dan Cara Kerja Hummingbird

Fitur yang disajikan oleh Google ini sangat mengejutkan, bagaimana tidak, pasalnya anda sudah bisa berkomunikasi langsung dengan mesin pencarian milik Google. Dalam kata lain Google akan meng-indeks sebuah fokus keyword dan menerapkan long tail keyword.

algoritma-google-hummingbird
source: moz

Update ini membuat sistem pencarian Google tidak hanya memahami kata demi kata, akan tetapi berusaha memahami seluruh kata yang anda maksud dalam mesin pencarian.

sebagai contoh: Jika kalian menulis sebuah kaliamat “Siapa Hero terkuat dalam game Vainglory” makan Google dapat menerapkan dan memberikan referensi “Hero Vainglory, Hero terkuat Vainglori dsb”.

google-algoritma-hummingbird
source: teknobos

Jadi ini sangat mempengaruhi long tail keyword pada sebuah situs Web atau Blog, sehingga orang – orang atau para user yang kurang memperhatikan penerapan Long Tail Keyword akan mendapat masalah dengan “mesin baru” dalam algoritma Hummingbird ini.

Dampak Hummingbird Pada Sebuah Situs Web dan Blog

Dampaknya tidak akan kita rasakan secara langsung, karena ini bukan update yang ditujukan untuk pemangkasan Web atau Blog spam secara masal seperti Algoritma Google Penguin. Karena, untuk update kali ini lebih kepada perbaikan (upgrade) dari merubah kata menjadi kalimat.

google-hummingbird
Source: caraneweb

Jadi, jika Blog Anda terlalu banyak mengincar kata (keyword) maka jangan harap Halaman dari Blog milik Anda tersebut akan nangkring di Page One. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, Google akan merubah Algoritmanya dari Kata menjadi Kalimat.

Ini memang sedikit membingungkan dan menakutkan, padahal fakta aslinya tidak seperti itu. Selama kita menggunakan tehknik White Hat dan tidak melanggar aturan yang dibuat oleh Google ( Black Hat) , maka selama itu Algoritma Google tidak akan berdampak apapun pada Blog kita.

Pada intinya, kita semua harus memahami dan mengikuti maksud dan tujuan setiap update algoritma google, seperti Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird, Google Fred dan sebagainya. Agar Web atau Blog kita menjadi referensi utama dari pencarian.